ENI ERAWATI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Training dan Motivasi Tiada Henti

Training dan Motivasi Tiada Henti

"Training dan motivasi", dua kata yang sangat bermakna dan tidak akan pernah berhenti untuk berkeinginan meraihnya. "Training" atau sering kita menyebut sebagai pelatihan adalah suatu proses dimana orang-orang mencapai kemampuan tertentu untuk mencapai tujuan dalam berorganisasi. Sedangkan "motivasi" adalah suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu. Kata "motivasi" berasal dari kata motif yang berarti "dorongan" atau rangsangan atau "daya penggerak" yang ada dalam diri seseorang.

Hari ini, Jumat, 18 Oktober 2019 MTsN 1 Kota Surabaya mempunyai agenda kegiatan "Training dan Motivasi" yang sasarannya adalah siswa-siswi kelas 9 A, B, dan C. Sedangkan untuk siswa kelas 9D, E, dan F akan melakukan kegiatan yang sama pada Jumat mendatang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di perpustakaan MTsN 1 Kota Surabaya selama kurang lebih 3-5 jam. dimulai pukul 07.00-11.30 WIB.

Kegiatan "Training dan Motivasi" dikemas dengan mengambil tema "Semangat Membangun Impian, Meraih Cita-Cita dan Menggapai Prestasi". Sebagai pelaksana dalam kegiatan ini adalah Bu Kartini,S.Pd. (sebagai koordinator kegiatan) dan tim instruktur pada Training Motivasi Berprestasi. Mereka adalah mahasiswa PPL BKI, Bimbingan dan Konseling Islam di bawah naungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Univeritas Islam Negeri Surabaya (UINSA) yang telah menjalaniproses pembekalan dan Training of Trainer oleh Master Trainer di kampusnya. Saat ini mereka, mahasiswa PPL BKI UINSA yang sedang melaksanakan tugas di MTsN 1 Kota Surabaya, adalah Charir Rosyida, Aulia Nurul Islam, Muhammad Khadafi, Alfi Qudsiyyatul Luthfi, dan Venna Kurniawati. Di antara lima mahasiswa PPL BK UINSA tersebut, yang menjadi trainer (pemberi motivasi) adalah Ustadz Kadafi, Ustadzah Aulia, dan Ustadzah Venna.

Kegiatan "Training dan Motivasi" ini bertujuan menjadikan para siswa mempu membuat impian dan cita-cita dalam hidupnya serta mampu menjalani aktivitas dalam hidupnya selaras dengan impian dan cita-citanya. Pada kegiatan ini melalui desain training yang dirancang dinamis, melibatkan peserta dan dilengkapi game-game yang menyenangkan sangat membantu para siswa dalam mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan.

Kegiatan "Training dan Motivasi" ini menggunakan beberapa metode, di antaranya ice breaking, simulasi/game, demonstrasi, presentasi materi, dan diskusi kelompok. Sebagai indikator dalam kegiatan ini diharapkan: 1. Siswa mampu merancang kegiatannya, 2. Siswa mampu meyakini pentingnya impian dan cita-cita, 3, Siswa mampu menyebutkan tangga sukses super student, 4. Siswa mampu menampilkan diri sebagai siswa yang unggul dalam sikap dan tindakan, dan 5. Siswa mampu memiliki keyakinan yang baik tentang potensi dalam dirinya.

Materi-materi yang akan disampaikan oleh para trainer di antaranya adalah:

1. Dinamika Training, berisi tentang perkenalan para trainer kepada siswa sebagai peserta, penjelasan mengenai tujuan dilaksanakannya kegiatan training, dan selayang pandang mengenai BBN (Bakti BKI untuk Negeri). Pada materi ini pula, siswa akan didorong untuk berinteraksi dan bekerjasama antar-individu dalam kelompok untuk suatu kegiatan, shingga kelompok akan lebih produktif dan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2. Membangun Impian Super Student. Dalam materi ini, tidak hanya diperlukan kata-kata untuk mencapainya. Akan tetapi siswa diharuskan untuk berani menulis apa yang meereka impiankan, sehingga dengan begitu, akan dapat meningkatkan kemauan dan tekad dalam mencapai impian.

3. Tangga Sukses Super Student. Dalam materi ini siswa sebagai peserta akan diberi tipe dan triks yang terkait dengan hal-hal yang diperlukan dan harus dilakukan untuk mempermudah pencapaian impian-impiannya. Di antaranya adalah bagaimana cara untuk ber positive thinking, menjaga good habits, be yourself, dan never give up.

Alhamdulillah, kami semua berharap melalui kegiatan "Training dan Motivasi" semoga siswa-siswi MTsN 1 Kota Surabaya senantiasa siap dalam menyongsong masa depannya yang cerah pastinya, salah satunya dengan cara mengembangkan potensi-potensi yang mereka miliki.Mereka bisa mengidentifikasi potensi mereka, merancang impian dan cita-citanya yang kemudian dilanjutkan dengan tindakan yang nyata untuk meraih impian tersebut. AAMIIN

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post