Enik Sudarwati

Guru Fisika di MA AL MANAR Kab. Nganjuk. Penulis buku "FISIKA dalam Tafsir Kehidupan" dan "Ferris Wheel". Untuk korespondensi, sila mengunjungi Facebook Enik S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pelatih Pemula

Pelatih Pemula

Untuk pertama kalinya MA Al Manar mengadakan Pelatihan Menulis Cerpen. Kegiatan ini merupakan pembukaan dari serangkaian kegiatan lainnya dalam mengisi Bulan Bahasa. Bertempat di Laboratorium Komputer, pelatihan di hari Senin, 9 Oktober 2023 ini diikuti lebih dari 30 siswa. Kebanyakan adalah mereka yang akan turut menjadi peserta lomba menulis cerpen dan puisi yang akan diadakan setelahnya.

Panitia kesulitan mendapatkan pemateri dari luar madrasah untuk kegiatan ini. Beberapa tokoh kesulitan menyesuaikan jadwal sehingga terpaksa menolak untuk menjadi pemateri. Panitia memutuskan memaksimalkan peran guru madrasah. Dengan beberapa pertimbangan, saya kemudian ditugaskan menjadi pemateri. Saya guru Fisika. Saya juga penulis meski masih pemula. Di antara semua guru di madrasah, baru saya yang sudah menerbitkan buku. Itu mungkin sebabnya mengapa saya ditunjuk.

Sebagai seorang guru, tentu saja saya sudah terbiasa berbicara di depan siswa. Meskipun materi pembelajaran selalu berbeda di tiap pertemuan, tapi saya tidak merasa terbebani secara mental. Itu karena yang dibicarakan adalah fisika, ilmu yang saya kuasai. Namun kali ini berbeda. Berbicara di depan siswa dengan materi tentang menulis cerpen. Ini cukup membuat saya tertekan. Saya harus menyusun materi dengan tepat sehingga bisa menggugah semangan siswa untuk bisa menulis cerpen dengan percaya diri.

Saya mengumpulkan beberapa materi dari pelatihan menulis yang pernah saya ikuti. Ditambah dengan pengalaman pribadi selama menulis, materi pelatihan saya susun secara sederhana. Harapan saya adalah siswa mudah memahami isinya dan kemudian bisa diterapkan.

Dari pelatihan singkat ini, saya mengamati ada beberapa siswa dengan bakat bercerita yang alami. Dengan pendampingan yang memadai, siswa-siswa ini berpotensi besar untuk menghasilkan karya tulisan yang bagus. Saya tidak sabar untuk membaca karya-karya mereka dalam lomba menulis cerpen. Saya ingin karya-karya itu nantinya bisa diterbitkan.

Nah, untuk saya sendiri, menjadi pemateri pelatihan menulis adalah hal baru. Ini adalah pengalaman pertama. Butuh banyak latihan. Butuh jam terbang. Jadi, adakah yang mau menjadikan saya pemateri pelatihan menulis?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses selalu, Bunda. Salam literasi

09 Oct
Balas

Terima kasih, Pak. Salam literasi.

09 Oct

Salam literasi

09 Oct
Balas

Salam literasi

09 Oct



search

New Post