Dra. Enung Kartini, M. Pd.

Sebagai guru adalah sebuah anugerah dari Allah yang harus saya jaga keamanahannya. Guru BK adalah tugas yang saya emban. SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung menj...

Selengkapnya
Navigasi Web
PELATIHAN KEREN BERBAYAR SATU PORSI MAKAN

PELATIHAN KEREN BERBAYAR SATU PORSI MAKAN

PELATIHAN KEREN “BERBAYAR” SATU PORSI MAKAN

Oleh: Enung Kartini

Pada hari Jumat, 17 Juli 2020, MGBK (Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling) Kab. Bandung mengadakan pelatihan membuat animasi konten positif untuk media bimbingan. Narasumbernya seorang guru BK muda dari Cianjur. Sudah lama kami ingin belajar ini, tapi baru keinginan belum menindaklanjuti keinginan tersebut. Sehari sebelumnya saya dengan Narasumber saling berkirim pesan dalam WA untuk membicarakan rencana saya itu. Tiba-tiba beliau menawarkan pelaksanaan pelatihan hari besoknya. Saya agak ragu dan kaget langsung ditodong begitu. Karena yang sudah-sudah jangankan persiapan hanya sehari, persiapan berbulan-bulanpun agak susah peserta. Tapi entah mengapa saya nekat saja mengatakan “Siap”. Setelah menyatakan kesiapan untuk mengajak teman-teman, saya tanya tentang fee (bayaran) untuk sesi pelatihan itu agar teman-teman ada bayangan untuk pendanaannya. Jawabannya lebih mengagetkan lagi.

Setelah pembicaraan tersebut, segera saya umumkan di grup WA MGBK Kab. Bandung. Masya Allah. Bangga saya. Antusias teman-teman untuk belajar sungguh tinggi. Kekhawatiran saya akan ketidakadaan peserta hilang seketika. Quota yang ditentukan oleh Narasumber sebanyak 40 orang tapi ternyata yang daftar lebih dari itu. Setelah positif dengan jumlah dan daftar peserta, Narasumber mengirimkan sebuah pengumuman, untuk saya bagikan kepada teman-teman calon peserta pelatihan.

Saya mengerti sekarang mengapa beliau menawarkan pelatihan dilaksanakan besoknya, hari Jumat. Hari Jumat adalah hari penuh berkah. Sepertinya Narasumber mencari keberkahan bukan mencari materi. Bahkan dalam pengumuman yang saya bagikan itu tercantum syarat mengikuti pelatihan yaitu memberi satu porsi makan untuk orang yang membutuhkan. Tidak ada persyaratan yang menyebutkan “silahkan transfer ke rekening dibawah ini…” Masya Allah…pelatihan ini gratis. Beliau hanya menyaratkan untuk mengsubscribe dua video di chanel youtube milliknya. Hanya itu saja. Pelatihan ini dilaksanakan secara online melalui grup WA. Beliau memberikan tutorial dan arahan-arahan serta mengoreksi hasil kerja para peserta.

Alhamdulillah teman-teman guru BK bisa mengikuti pelatihan dengan baik. Mereka bisa mempraktekkan ilmu yang disampaikan oleh Narasumber. Ironisnya yang tidak bisa mempraktekkan adalah saya. Phonecall saya tidak support untuk aplikasi yang digunakan. Menyesal tapi Narasumber terus memberi semangat dengan menyarankan saya untuk meggunakan HP lain yang ada di rumah. Di rumah hanya ada si bungsu yang HPnya juga sedang dipergunakan.

Saya pasrah saja dengan memutuskan akan belajar nanti kalau sudah ada rizki punya HP baru. Entah kapan, pikir saya. Rupanya keadaan HP saya ini menjadi pemikiran untuk si bungsu.

Malam harinya ketika saya bercerita kepada suami tentang asyiknya pelatihan yang saya ikuti dengan segala keterbatasannya, si bungsu memanggil. Saya hampiri dia di kamarnya. Ternyata dia menyuruh saya untuk melihat gambar berbagai produk HP di sebuah online shop terkenal. Saya dipersilahkan memillih yang saya inginkan. Saya menyerahkan kembali kepadanya untuk memilihkan karena saya tidak tahu dia punya uang berapa untuk membelikan HP Mamanya ini.

Benar-benar pelatihan ini membawa berkah banyak dan luas. Bukan hanya untuk Narasumber dan peserta lain, tapi juga untuk saya.

Ketika saya melaporkan kepada beliau kalau HP saya tidak suport saya tetap berjanji kepadanya bahwa saya akan mengerjakannya. Suatu saat nanti. Dan saat itu adalah hari ini.

Terima kasih Pak Fajar Juliansyah. Beliau guru BK di SMP Al Azhar Cianjur. Semoga ilmu yang Bapak bagikan berkah. Doa kami untuk Bapak, semoga sehat selalu dan tetaplah berbagi kebaikan. Aamiin. Yaa Rabbal’aalamiin.

Salam literasi

Bandung, 19 Juli 2020

Gambar diambil dari:https://garudacyber.co.id/artikel/1338-aplikasi-pembuat-animasi-3d-untuk-android

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren bun...setelah pelatihan dapat hp baru...

20 Jul
Balas

doubel berkah he... Terima kasih sudah mampir Mbak Catur.

21 Jul

Masya Allah, keren. Penuh keberkahan.

20 Jul
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih apresiasinya Bu Yuli. Salam

21 Jul

Barakallah, semoga ilmu yang bermanfaat ya Bu. Judul dan substansi tulisannya keren Bu Enung.....

20 Jul
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih apresiasinya MBak Defi...Salam

21 Jul

Ilmu yang berkah. Keren,Bu.

20 Jul
Balas

Terima kasih apresiasinya Pak

21 Jul

Mantap, Bu. Saya baru dapat jadwal pelatihannya. Semoga sukses membuat video seperti Ibu dan kawan-kawan lain. Aamiin...

19 Jul
Balas

Oh Sip Bogor mau ngadain juga ya? Selamat berkreasi.

19 Jul

Kereen bund semangat belajar, saya juga berusaha belajar sama yang muda dan pinter pinter, luar biasa anak"muda sekarang

23 Jul
Balas

Keren bun.. luar biasa rahmat-Nya....moga sukses selalu bun

19 Jul
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih sudah mampir Mbak Solvia.

21 Jul

Masyaallaah tabarakallah, bunda, Allah pasti akan berikan jalan untuk niat baik kita, aamiin. Salam

19 Jul
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih apresiasinya Bu...Salam

21 Jul

Subhanallah semoga menjadi amal bagi beliau . Aamiin

19 Jul
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih sudah mampir Pak.

21 Jul

Berkah yang luar biasa ya Bun.Semoga sehat dan sukses selalu ya Bun.

19 Jul
Balas

Aamiin YRA.. terima kasih kunjungannya Bunda Samsimar.

19 Jul

Jadi beli HP via online bu?

21 Jul
Balas

Ya Betul. Terima kasih sudah mampir.

21 Jul



search

New Post