Epiardi Anam

Ranah minang diri terlahir, sikarih kampung kecil, pariaman kotanya, dipanggil diri supaya berarti, bernamalah EPIARDI ANAM, merantau kebanggaan lelaki, singgah...

Selengkapnya
Navigasi Web
ACIAK, PEMILU 'LEMPARKANNYA' KE LAPAS DEWASA

ACIAK, PEMILU 'LEMPARKANNYA' KE LAPAS DEWASA

ACIAK ALIAS YUSUF, PEMILU ‘MELEMPARKANNYA’ KE LAPAS DEWASA

#epiardianam

Alur kehidupan memang tak bisa diprediksi dan dipola sendiri, diri tak punya kuasa penuh, ia butuh campur tangan yang lain. Kadang ‘ulah’ orang lain bisa merubah pola dan tatanan yang ada.

Pagi itu jam 09.00 Wib, 14 Februari 2024, adalah hari dimana pesta rakyat sedang berlangsung. Ya, pesta rakyat yang disebut juga pesta Demokrasi; memberikan hak suara kepada lima pilihan, yakni: Presiden, DPD, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten.

Beberapa warga setempat telah mendaftarkan ulang nama mereka ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) sesuai yang telah ditentukan, dekat dengan tempat domisili mereka. Bahkan ada yang sudah melakukan penyoblosan dengan tanda celupan tinta di jari mereka sudah terlihat.

Namun berbeda dengan sosok pemuda tanggung satu ini, dia masih kelihatan bingung, mondar-mandir ke meja panitia pemilu/KPPS TPS 01 TS yang juga sangat dekat dengan tempat tinggalnya di jalan Aceh. Petugas pendafataran KPPS mengatakan bahwa nama dan NIK nya tidak terdaftar disini. Padahal dia adalah warga yang telah lama tinggal di daerah tersebut. Sedangkan NIK ibu dan saudara perempuannya terdaftar disana, tempat TPS sama yang didatanginya, kenapa dia sendiri yang tidak terdaftar?, bingung dan marah tergambar dalam raut wajahnya yang sudah mulai ‘kusam dan kemerahan’.

Hari sudah mulai gerimis, waktu berjalan terus, dan telah menunjukkan pukul 11.00 Wib, Aciak sudah ‘patah arang’, rasa kesal dan malas menggerogotinya apalagi mendengar ucapan dari salah seorang petugas KPPS bahwa namanya terdaftar di TPS 903 di jalan kapling, Tengkerang Utara (TPS khusus di dalam lapas dewasa). Dia semakin bingung dan ada rasa takut timbul dalam hatinya (waduh ke dalam penjara nyoblos).

Akhirnya dengan bantuan dan motivasi dari salah seorang warga yang sangat dikenalnya, mereka berdua mengarahkan sepeda motornya ke Lapas Dewasa tersebut.

Meskipun dengan level pendidikan seadanya, pola pikir yang sangat terbatas; dialah ERI alias ACIAK alias Yusuf, dengan bangga menunaikan tanggung jawabnya sebagai warga yang cinta negeri dengan memberikan hak pilihnya pada pesta Demokrasi 2024 tahun ini meskipun berada dilingkungan para warga binaan LAPAS DEWASA di Kota ini. TPS 903 menjadi saksi bisu atas kegigihannya meskipun hujan basahi sekujur tubuh.

____

TPS 903 LAPAS,14022024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post