Eriesca Rustisiani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
BEST PRACTICE PPL AKSI 2 PPG DALJAB 2022
Best Practice

BEST PRACTICE PPL AKSI 2 PPG DALJAB 2022

BEST PRACTICE

“ Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dalam Keterampilan Menulis Teks Caption Menggunakan Model Project Based Learning pada Siswa Kelas 12 Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran ( OTKP ) SMKN 8 Kab. Tangerang Tahun Pelajaran 2022/2023.”

Nama Mahasiswa PPG : Eriesca Rustisiani

Nomer Induk Mahasiswa : 223704220156

Jurusan : Bahasa Inggris

Kelompok : 1 (Satu)

PRODI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)

UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA

2022

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

SMKN 8 Kab. Tangerang

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Kejuruan

Tujuan yang ingin dicapai

“ Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dalam Keterampilan Menulis Teks Caption Menggunakan Model Project Based Learning pada Siswa Kelas 12 Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran ( OTKP ) SMKN 8 Kab. Tangerang Tahun Pelajaran 2022/2023.”

Penulis

Eriesca Rustisiani

Tanggal

Pertemuan 1: Jumat, 06 Januari 2023

Pertemuan 2: Senin, 09 Januari 2023

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi/faktor yang melatar belakangi permasalahan dalam praktik pembelajaran ini :

1. Peserta didik cenderung pasif dan tidak bersemangat mengikuti proses pembelajaran.

2. Rendahnya minat membaca dan menulis pada peserta didik.

3. Peserta didik kurang dilibatkan untuk belajar bersama kelompok.

4. Kurang memanfaatkan TPACK ( Technological, Pedagogical, Content Knowledge) dalam pembelajaran sehingga pembelajaran kurang berpusat pada peserta didik.

5. Kurangnya pemanfaatan model, metode dan media pembelajaran yang inovatif.

Alasan dibagikan Praktik pembelajaran ini yaitu untuk memotivasi diri saya sendiri dan juga bisa menjadi referensi bagi guru lain agar dapat memanfaatkan model atau metode pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar.

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah sebagai peneliti dalam mengidentifikasi permasalahan yang terjadi selama proses belajar mengajar dikelas dan mencari solusi dari permasalahan tersebut. Setelah meneliti dan menemukan solusi dengan memilih pembelajaran yang inovatif yang sesuai dengan karakter media pembelajaran saya juga bertanggung jawab untuk melaksanakan metode dan model pembelajaran inovatif tersebut ditempat saya mengajar sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Setelah melakukan identifikasi masalah dan refleksi diri, maka beberapa tantangan yang terjadi yaitu :

1. Motivasi peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Inggris masih rendah.

2. Kurang nya pemahaman peserta didik terhadap materi yang disajikan.

3. Masih rendahnya penguasaan kosa kata Bahasa Inggris Siswa.

4. Peserta didik masih kurang percaya diri dalam melakukan presentasi.

5. Guru belum mengimplementasikan berbagai model pembelajaran inovatif.

6. Guru terlalu fokus pada powerpoint ketika penyampaian materi pembelajaran.

7. Kurang nya interaksi guru dengan peserta didik.

Berdasarkan poin-poin diatas dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi merupakan sisi kompetensi guru yang harus ditingkatkan baik dalam bidang pedagogik maupun profesional sedangkan dari sisi peserta didik adalah motivasi belajar yang masih rendah. Tantangan tersebut membuat guru harus tetap melaksanakan pembelajaran yang baik dengan cara memilih dan menerapkan pendekatan, model pembelajaran serta media yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Hal itu tentu harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik di SMKN 8 Kab. Tangerang.

Yang terlibat dalam kegiatan PPL yaitu:

1. Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran.

2. Guru sebagai fasilitator

3. Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses pelaksanaan pembelajaran PPL.

4. Rekan sejawat yang membantu terlaksananya kegiatan ini.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

1. Langkah-langkah/strategi yang dilakukan untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut adalah sebagai berikut:

a. Menyusun perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKPD, Media, Instrumen Penilaian.

b. Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan kegiatan mengamati, diskusi dan presentasi. Sesuai dengan pendapat yang dikemukakan oleh (Igus dan Nur, 2015) bahwa “Model pembelajaran Project Based Learning merupakan suatu model pembelajaran inovatif yang diawali dengan pemberian proyek atau kegiatan kepada siswa, disaat siswa menyelesaikan proyek yang akan mereka buat, tentunya siswa saling bertukar pikiran agar proyek yang mereka buat akan bagus hasilnya. Melalui penerapan model project based learning siswa juga lebih kreatif dalam menulis, siswa mudah memunculkan ide dalam menulis”.

c. Melibatkan rekan guru lainnya untuk membantu persiapan sebelum memulai aksi.

d. Mempersiapkan perangkat pembelajaran, fasilitas dan media yang akan digunakan.

e. Membangkitkan semangat peserta didik dalam belajar dan memberi dorongan dalam mencoba hal hal baru.

f. Memberikan penguatan diawal pembelajaran dengan tayangan video motivasi belajar.

g. Mendampingi dan memberikan contoh kepada peserta didik mengenai bagaimana cara mempresentasikan hasil diskusi kelompok.

h. Melakukan interaksi dengan peserta didik

i. Menyiapkan rubrik penilaian secara lengkap untuk menilai semua ketercapaian indikator.

2. Proses pembelajaran yang dilakukan adalah sebagai berikut:

a. Pada tahap pendahuluan: Guru dan peserta didik melakukan doa, menyapa, mendata kehadiran, kemudian guru melakukan apresiasi.

b. Pada tahap inti pembelajaran guru melakukan langkah –langkah sebagai berikut:

1. Pertanyaan mendasar

a. Peserta didik mengamati beberapa gambar yang diberikan oleh guru terkait dengan teks caption.

b. Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan pemantik yang diajukan guru terkait dengan gambar yang diamati. (Critical thinking-C4)

2. Mendesain perencanaan produk

a. Peserta didik dibagi kedalam beberapa kelompok (Collaboration-C4)

b. Peserta didik membuka LKPD yang diberikan guru

c. Peserta didik megamati dan menyimak instruksi yang harus dikerjakan pada LKPD

d. Peserta didik merencanakan sebuah project tentang pembuatan teks caption. (Critical thinking-C4)

3. Menyusun jadwal pembuatan

Guru dan peserta didik membuat kesepakatan tentang jadwal penyelesaian proyek.

Ø Mencari sebuah gambar yang akan dibuatkan caption.

Ø Menentukan tema caption yang akan dibuat.

Ø Membuat caption yang sesuai dengan gambar yang telah dipilih.

Ø Melaporkan hasil pembuatan caption.

4. Memonitor Keaktifan dan Perkembangan Proyek

a. Peserta didik melaksanakan proyek pembuatan teks caption.

b. Guru memonitor aktivitas peserta didik, menanyakan masalah-masalah yang ditemui pada saat pembuatan teks caption.

5. Menguji Hasil

Ø Peserta didik mengirimkan hasil proyek membuat teks caption melalui instagram atau

story whatsapp.

Ø Peserta didik mempresentasikan teks caption yang dibuat.

Ø Guru menilai hasil pembuatan teks caption.

Ø Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan guru terkait dengan teks caption yang telah dibuat.

Ø Guru memberikan saran atas perbaikan membuat teks caption secara benar.

6. Evaluasi Pengalaman Belajar

a. Peserta didik diminta untuk mengungkapkan pengalamannya selama proses pembuatan proyek.

b. Peserta didik menerima saran dari guru untuk perbaikan pembuatan teks capion

3. Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu guru dan peserta didik.

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Hasil dan Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang telah dilakukan yaitu:

Setelah diterapkan model pembelajaran project based learning maka diperoleh hasil sebagai berikut:

Peserta didik mengalami perubahan cara belajar. Mereka lebih bersemangat dan semakin aktif dalam pembelajaran. Peserta didik juga semakin terampil dalam diskusi dan presentasi dalam kelompok. Hal ini berdasarkan hasil nilai yang diperoleh peserta didik dalam mengerjakan project. Selain itu didukung oleh hasil kuesioner yang diberikan kepada Peserta didik yang menyampaikan respon positif terkait pembelajaran.

Selain itu ada beberapa dampak yang timbul diantaranya peserta didik mengalami peningkatan dalam penguasaan kosa kata Bahasa Inggris, lebih baik dalam melakukan presentasi, mereka juga terbiasa menggunakan media media pembelajaran yang inovatif .

Bagaimana respon dari orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?

1. Respon dari kepala sekolah sangat positif dan mendukung kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

2. Respon dari guru lain yaitu secara keseluruhan sudah dapat mengkondisikan kelas dan terarah. Pembelajaran menarik karena menggunakan metode dan media yang inovatif, peserta didik sudah aktif dalam diskusi sehingga menemukan solusi dari permasalahan yang disajikan.

3. Respon dari peserta didik mereka senang dan bersemangat dengan proses pembelajaran yang diikuti karena mereka dapat terlibat langsung dan pembelajaran cukup menarik.

Dari poin-poin diatas dapat disimpulkan bahwa aksi atau langkah-langkah yang dilakukan cukup efektif dan berhasil meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar.

Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut adalah guru harus lebih kreatif dan inovatif memanfaatkan media, model dan metode pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post