Erina Godelva

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Ini Baru Guru Zaman NOW!

Ini Baru Guru Zaman NOW!

Menjadi seorang guru di abad ke-21 ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak sekali tantangan yang harus dihadapi oleh sang guru di era kecanggihan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) ini dan guru pun dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan zaman tersebut. Kebanyakan murid sudah menggunakan jasa Google untuk membantu mereka dalam proses belajar. Sehingga, buku pun tidak lagi menempati posisi pertama untuk menambah wawasan.

Revolusi Industri 4.0 milik abad ke-21 ini pun telah merajai kehidupan kita semua saat ini. Bukan hanya bagi generasi milenial, tapi dampaknya juga dirasakan oleh semua orang. Jadi mau tidak mau, kita harus mengikuti dan berperan serta di dalamnya. Memang, menjadi guru yang disukai oleh murid-muridnya tidaklah mudah. Namun, guru harus berupaya untuk memiliki pendekatan yang lebih terhadap muridnya dan membuat suasana kelas menjadi menarik, sehingga murid-murid pun tidak akan merasa bosan.

Pada paedagogi abad ke-21 ini, pengetahuan dan teknologi telah melahirkan perubahan yang begitu besar dalam pola pembelajaran dan akan terus berkembang, sehingga disebut juga dengan pedagogi progresif (progressive pedagogy). Jadi, jangan menjadikan usia sebagai alasan bagi para guru untuk tidak belajar dan bertumbuh untuk menyesuaikan diri dengan era ini. Sudah bukan zamannya lagi murid harus takut kepada guru. Guru pun harus dapat menjadi pendidik sekaligus teman bagi murid-muridnya agar tercipta suasana kelas yang santai dan tidak tegang. Untuk itu, seorang guru harus aktif, kreatif, disiplin, dan mempunyai metode belajar yang sesuai dengan abad ke-21 ini, agar murid-muridnya dapat ikut aktif dan termotivasi, sehingga guru pun dapat mencetak generasi penerus bangsa yang matang dalam segala aspek, termasuk pendidikan.

Sumber Referensi :

Danim, S., & Khairil, H. (2010). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: ALFABETA, cv.

http://ahsuaidi.gurusiana.id/article/pendidik-harus-berdaya-di-era-industri-40-1039350

http://mohseptaherlambang.gurusiana.id/article/model-pembelajaran-kurikulum-k13-kekreatifan-guru-mengatasi-kejenuhan-siswa-dalam-pembelajaran-4425162

http://dewikomalasari.gurusiana.id/article/menjadi-guru-inspiratif-257665

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post