ERLADEWI

Erladewi, Tanjungbalai Karimun Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Rau...

Selengkapnya
Navigasi Web
SMP NEGERI 2 TEBING BINAAN KARIMUN KEPULAUAN RIAU MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA DENGAN PASUKAN BHINNEKA TUNGGAL IKA

SMP NEGERI 2 TEBING BINAAN KARIMUN KEPULAUAN RIAU MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA DENGAN PASUKAN BHINNEKA TUNGGAL IKA

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, sebagai salah satu wujud cinta tanah air maka SMP Negeri 2 Tebing Binaan Karimun mengadakan serangkaian kegiatan yaitu Pasukan BHINNEKA TUNGGAL IKA. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 31 Oktober 2017. Kegiatan diawali dengan Pembukaan oleh Kepala UPTD Meral Tebing Bapak Yelfi Indra, S.Pd M. Pd dan dihadiri oleh Kapolsek Tebing, Camat Tebing dan Kepala Puskesmas Tebing.

Dalam Kegiatan ini digunakan para peserta didik berpakaian adat dari 34 propinsi seluruh Indonsia. Awalnya rencana pelaksanaan dimulai dengan Upacara Bendera Senin Pagi tetapi karena Karimun diguyur hujan maka acara pembukaan dilaksanakan di aula SMP Negeri 2 Tebing. Acara ini tetap diikuti dengan semangat oleh peserta didik yang berjumlah hampir 100 orang dan 10 orang perwakilan dari orang tua.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan kunjungan silaturahim seluruh peserta ke Kantor Bupati Karimun yang diterima oleh Sekda Kabupaten Karimun dan didampingi oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan. Kunjungan berikutnya ke Kapolres Karimun dan diakhiri dengan kunjungan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun.

Salah seorang siswa, Bening Putri Nabilla siswa kelas 8.4 diberi kesempatan untuk menyampaikan kata sambutan kepada Bapak Kepala Dinas Pendidikan. Dalam sambutannya, Bening menyampaikan rasa terima kasih seluruh warga SMP Negeri 2 Tebing Binaan Karimun karena Bapak Kepala Dinas sudi menerima kedatangan siswa siswi walaupun jadwal kegiatan yang sangat padat tetapi masih bisa meluangkan waktu untuk menerima kedatangan mereka pada hari itu. Pada kesempatan itu juga Bening menyampaikan bahwa kunjungan ini adalah sebagian dari serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda dengan menampilkan busana daerah yang mewakili 34 propinsi di Indonesia yang mencerminkan bhinneka tunggal ika, meskipun berbeda tetapi tetap satu juga yang juga merupakan program kegiatan OSIS dalam memperingati hari besar nasional.

Peringatan sumpah pemuda tidak cukup hanya dengan menggelorakan kembali semangat para pemuda pejuang secara retorika, tetapi harus menekankan pada tindakan nyata dan menunjukkan kematangan bangsa indonesia dalam penerapan semangat para pemuda tanggal 28 oktober diperingati sebagai hari lahirnya sumpah pemuda. dimana pada saat itu, Moehammad Yamin menyebutkan, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan indonesia yaitu sejarah, bahasa, pendidikan, kemauan dan hukum adat serta pentingnya nasionalisme dan demokrasi.

Ikrar Sumpah Pemuda berisi :

“Kami putera dan puteri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia”.“Kami putera dan puteri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia”.“Kami putera dan puteri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”.

Oleh karena itu dalam rangka hari sumpah pemuda ini, siswa dan siswi smp negeri 2 tebing binaan berkomitmen untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Selaras dengan isi sumpah pemuda maka selaku pemuda generasi penerus bangsa maka sudah selayaknya kami menerapkan nilai-nilai budi pekerti melalui pendidkan penguatan karakter. Pembangunan karakter Bangsa Indonesia merupakan perwujudan amanat Pancasila dan Pembukaan UUD 1945. Pendidikan karakter bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, tetapi lebih dari itu, Pendidikan karakter menanamkan kebiasaan (habituation) tentang hal mana yang baik sehingga kami moral knowing), akan tetapi juga “merasakan dengan baik atau loving good (moral feeling), dan perilaku yang baik (moral action). Pendidikan karakter menekankan pada habit atau kebiasaan yang terus-menerus dipraktikkan dan dilakukan.

menjadi paham (kognitif) tentang mana yang benar dan salah, mampu merasakan (afektif) nilai yang baik dan biasa melakukannya (psikomotor). dengan kata lain, pendidikan karakter yang baik harus melibatkan bukan saja aspek “pengetahuan yang baik (

Akhir sambutannya Bening menyampaikan mengucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Pendidikan karena telah memberikan dukungan moril dan material serta memberikan fasilitas yang baik terutama sudah menyediakan makan siang sehingga memberi dan menambah semangat belajar untuk merenda hari esok yang lebih baik serta selalu mendoakan semoga bapak beserta jajaran di dinas pendidikan selalu dalam lindungan Allah SWT

Majukan pendidikan di Karimun

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

kak erla memang bestlah

09 Nov
Balas

terimakasih Pak Dedi Wahyudi dan Pak Hasmar Nasution

11 Nov
Balas

Sukses bu Erla....

09 Nov
Balas

Sukses bu Erla....

09 Nov
Balas



search

New Post