Erni Lestari

Guru MIN 3 Sukabumi, Jl. Pelda Km.14 Ds.Bojongraharja kec.Cikembar kab.Sukabumi...

Selengkapnya
Navigasi Web

Coba Lagi

Puasa hari ke-7, merenungkan sebuah kegagalan. Dua kali mengikuti kegiatan tes program peningkatan mutu madrasah di bidang penilaian dan fasilitator harus gagal. Setelah mengikuti tiga tahapan tes lagi-lagi harus gagal.

Hal ini membuat saya berpikir dan introspeksi diri. Terlebih setelah mengikuti webinar Leadership, banyak sekali yang harus direnungkan lalu diperbaiki, diantaranya adalah:

1. Niat. Perbaiki niat ketika mengikuti atau melakukan sesuatu, bukan sekedar ikut-ikutan atau terpaksa. Niat yang setengah hati akan berp KKengaruh pada hasil, karena prosesnya pun pada akhirnya tidak dijalani sepenuh hati, maka hasilnyapun tidak sesuai harapan. Ada pepatah mengatakan hasil tak akan mengkhianati proses.

2. Perbaiki aksi. Proses penghebatan jangan berhenti ketika mengalami kegagalan. Seperti halnya di gurusiana, remidi coba lagi, remidi bangkit nulis lagi, begitu seterusnya. Ketika mengalami kegagalan, itu adalah pembelajaran.

Jika yang pertama gagal, kedua gagal juga, maka cari sesuatu yang salah dan yang harus diperbaiki dengan menggunakan kata "Why?".

Nah ketika kata Why mulai mencari jawaban, itulah yang harus diperbaiki, maka kita akan senantiasa harus belajar l

3. Kembalikan hasil dengan bertawakal kepada Allah SWT. Bisa jadi gagal itu adalah yang terbaik saat ini.

Ketiga hal ini yang membuat kita, saya khususnya merasa masih harus banyak belajar lagi. Bismillahirrahmaanirrahiim Siap mencoba lagi.

"Kegagalan bukan akhir dari segalanya"

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post