Erni Lestari

Guru MIN 3 Sukabumi, Jl. Pelda Km.14 Ds.Bojongraharja kec.Cikembar kab.Sukabumi...

Selengkapnya
Navigasi Web

SABTU SHOOT IN TIKTOK

Weekand, sabtu adalah hari yang selalu ditunggu anak-anak dan guru, karena bawaannya ingin cepat pulang dan liburan. KBM itu seolah sudah tidak menarik lagi di hari-hari terakhir terlihat beberapa murid banyak yang tidak masuk sekolah dengan alasan tidak jelas.

Hal inilah yang menjadi salah satu motivasi guru mencari cara agar sabtu itu menjadi seru, hari yang ditunggu dan menarik perhatian murid untuk belajar.

Apa yang dilakukan bu guru Erni di hari Sabtu, 17 Februari 2024?

Dia sudah merencanakan kegiatan ini satu hari sebelumnya, yaitu ingin mengemas KBM mapel IPS dan Bahasa Indonesia dengan kompetensi mencari informasi dari teks narasi sejarah perjuangan.

Belajar sejarah dihari sabtu dengan metode ceramah rasanya bakal menjenuhkan, selain anak-anak cenderung pasif, gurunya juga bakal cukup lelah karena banyak bercerita.

Maka bu gurupun berkata,"Pembelajaran hari sabtu besok adalah membuat video tiktok". Seketika anak-anak heboh, riuh tanda sangat antusias. Satu hari sebelumnya bu guru menyampaikan rencana tersebut dan memberikan bahan bacaan sederhana untuk di baca, dicermati dan membagi tugas secara berkelompok menghafal poin-poin penting untuk dipresentasikan bersama.

Jika biasanya anak-anak diminta presentasi kelompok secara klasikal, kali ini dibuat sangat sederhana, hanya dengan menghafal kalimat-kalimat pokok saja dan diminta mengucap ulang secara bergantian dengan posisi berbanjar seperti pesan berantai dan di shoot oleh anak-anak juga menggunakan media HP. Setelah selesai anak-anak diminta mengedit video pendek tersebut dan diupload ke medsos tik-tok.

Mengapa tiktok?. Biasanya bu guru Erni mendokumentasikannya ke akun YT, tetapi pasca pesta demokrasi, medsos tik-tok sedang naik daun maka mencoba beralih dan ternyata mengedit video di tik-tok itu lebih dikuasi anak-anak, lebih mudah dan banyak elemennya ( maaf bukan iklan yah). Hasil videonya jadi lebih menarik karena ditambah teks, suara, stiker dan efek yang dikerjakan oleh anak-anak juga.

Alhasil video itu jadi dan ditonton bersama, harapannya video tersebut dijadikan media belajar juga di rumah sebagai bahan pengingat. Hari ini anak-anak senang, waktu tak terasa cepat berlalu tanpa drama ingin cepat pulang dan bu guru bisa melihat proses pengerjaan itu sebagai bagian dari assesment formatif.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post