Komunitas Belajar
Komunitas belajar sering disingkat Kombel. Definisi Kombel adalah sekolompok Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), yang belajar bersama dan berkolaborasi secara berkelanjutan dengan tujuan yang jelas dan terukur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, sehingga berdampak pada hasil belajar anak.
Kombel adalah salah satu cara dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi PTK. Ada banyak cara yang lain untuk bisa meningkatkan kompetensi PTK. Diantaranya adalah IHT ( In House Training), Worshop, Mentoring, Coaching dan masih banyak yang lain.
Bedanya kombel dengan ragam kegiatan peningkatan kompetensi yang lain, waktu yang dibutuhkan lebih lama. Karena di kegiatan kombel harus dilakukan secara berkelanjutan. Dikegiatan lain mungkin hanya cukup dilakukan beberapa hari selesai. Dengan waktu yang cukup panjang, memungkinkan kegiatan kombel ini bisa dievaluasi keberhasilannya. Dampak pada peserta didik juga menjadi mudah dilihat dan ditingkatkan.
70% peningkatan kompetensi PTK khususnya guru diharapkan terjadi di satpen, satu diantaranya melalui kombel. Kombel dilakukan secara rutin setiap minggu untuk membahas masalah/tantangan
pembelajaran yang dihadapi murid. Tidak semua masalah/tantangan pembelajaran murid dijadikan
topik diskusi pada kombel. Anggota menyepakati topik diskusi sesuai kebutuhan bersama.
Ada 3 (tiga) ide besar dalam kombel di satuan pendidikan. Yang pertama harus berfokus pada pembelajaran, kedua membudayakan kolaborasi dan tanggungjawab kolektif, serta yang ketiga berorientasi pada hasil ( pembelajaran murid). Tiga ide besar ini menjadi landasan dalam menjalankan seluruh kegiatan yang ada di kombel. Selain itu 3 ide besar ini juga yang akan memastikan bahwa kombel punya kontribusi pada pembelajaran berkualitas yang dilakukan secara kolaboratif dan berdampak pada hasil belajar murid.
Ide besar yang pertama yaitu fokus pada pembelajaran, PTK perlu mampu menjawab 4 pertanyaan kritis yaitu :
1. Apa yang kita harapkan murid belajar?
2. Bagaimana kita tahu bahwa sudah belajar hal tersebut?
3. Bagaimana respon kita jika ada murid yang tidak belajar?
4. Bagaimana kita akan memperkaya materi untuk murid yang sudah mahir?
Pertanyaan ini, semua berpusat pada murid. Dan harapannya PTK mampu menjawab, agar apa yang dilakukan PTK berdampak dan perkembangan dan kualitas proses pembelajaran. Tidak lagi berpusat pada pendidik, dimana lebih fokus pada bagaimana cara guru menyampaikan materi. Namun seharusnya lebih pada bagaimana murid bisa menerima dan memahami apa yang dibutuhkan dalam belajar.
Ide besar yang kedua membudayakan kolaborasi dan tanggungjawab kolektif. Makdunya adalah kolaborasi untuk menciptakan pemahaan bersama. Kolaborasi dimana memiliki kesadaran bahwa proses pembelajaran dan keberhasilan seorang murid merupakan tanggungjawab bagi semua PTK. Dan kolaboratif ini juga diciptakan untuk menghadirkan suasana belajar bersama, yang didalamnya terdapat rasa saling tergantung satu sama lain.
Dan terakhir ide besar ke tiga, yaitu berorientasi pada hasil ( pembelajaran murid). Bahwa dalam kombel merupakan siklus berupa rangkaian pengelolaan yang berkelanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas PTK dan meningkatkan kualitas hasil belajar murid. Mulai dari (1). refleksi awal , (2). perencanaan, (3). Implementadi dan (4). evaluasi.
1. Refleksi awal
Guru berdiskusi mengenai analisis hasil belajar murid yang bersumber dari beragam data murid seperti hasil asesmen, hasil penilaian pembelajaran atau data lain yang relevan. Berdasarkan hasil diskusi guru melakukan refleksi dan menentukan agenda atau topik prioritas yang ingin mereka diskusikan di komunitas belajarnya. Mereka juga menentukan tujuan dan target belajar yang dikaitkan dengan peningkatan pembelajaran murid.
2. Perencanaan
Pada tahap ini guru dapat berkolaborasi mengembangkan perencanaan pembelajaran atau mereview perencanaan pembelajaran yang sudah ada sebelum digunakan di kegiatan proses pembelajaran ataupun di kegiatan refleksi bersama dengan guru. Empat ( 4 ) pertanyaan kunci dapat digunakan pendidik ketika mendiskusikan perencanaan pembelajaran seperti yang sudah disebutkan di atas
3. Implementasi
Setelah kolaborasi dalam perencanaan pembelajaran para guru mempraktekkan perencanaan pembelajaran tadi di kelas masing-masing, saat memfasilitasi pembelajaran murid, guru melakukan asesmen formatif untuk mengetahui perkembangan belajar murid. Implementasi perencanaan pembelajaran dapat juga dilakukan pada salah satu kelas model , dan guru lainnya melakukan observasi proses pembelajaran di kelas tersebut dengan fokus yang telah disepakati sebelumnya.
4. Evaluasi
Setelah implementasi pembelajaran di kelas masing-masing atau di kelas model, para guru kembali ke komunitas belajar untuk mendiskusikan hasil pembelajaran di kelas. Setiap anggota kombel melakukan refleksi bersama tentang apa yang sudah berjalan efektif dan apa yang berjalan kurang efektif. Hal ini untuk perbaikan di tahap selanjutnya. Apresiasi dilakukan pada capaian-capaian dan perilaku pelaku efektif yang sudah dilakukan oleh anggota kombel.
Semua tahapan siklus ini dilaksanakan dengan mengintegrasikan, tiga ide besar yang menggunakan empat pertanyaan kunci. Durasi satu siklus inkuiri disesuaikan dengan kebutuhan para pendidik. Hal yang dibicarakan pada kombel dalam sekolah adalah pembelajaran murid. Semua kesepakatan pada kombel mempertimbangkan hal yang terbaik untuk pembelajaran murid.
Demikianlah gambaran tentang komunitas belajar yang sedang di kembangkan oleh kemendibudristek, agar menjadi budaya dan berkelanjutan demi kemajuan pendidikan dan berpihak pada murid. Semoga bermanfaat dan bisa berdampak luas untuk peningkatan kompetensi PTK.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Mantap ulasannya