Ermila Khairissyanti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Management Kehidupan

Berfikir Positif... Baik Sangka

***

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu menuturkan, Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam bersabda:

Mayyit diiringi tiga hal, yang dua akan kembali sedang yang satu terus menyertainya, ia diiringi oleh keluarganya, hartanya dan amalnya. Harta dan keluarganya akan kembali, sedang amalnya akan terus tetap bersamanya.” (HR. Bukhari-Muslim)

Bahwa setiap yang bernyawa akan merasakan kematian. Demikian pula halnya dengan manusia. Tidak ada yang hidup kekal dan abadi.

Disaat manusia bertemu dengan malaikat Izrail, maka terputuslah dirinya dengan dunia ini. Tinggallah semua yang dimiliki. Lahir telanjang dan kembali juga telanjang. Hanyalah kafan harta yang tersisa di badan.

Harta menjadi warisan, jabatan menjadi purnawirawan, keluarga dan kerabat tak bersedia menjadi kawan. Tinggallah semua yang telah diupayakan.

Ketika jenazah dalam proses fardhu kifayah yang awal, dimandikan, dikafani dan disholatkan, maka harta dan keluarga masih mendampingi. Namun, ketika tiba masanya jenazah dikuburkan, yang tinggal hanyalah amal ibadah.

Sholat, membaca Al Qur'an, sedekah dan amal jariyah lainnya, menjadi teman yang setia mendampingi sampai ke Yaumil Hisab.

Adapun harta yang tetap menjadi milik kita hanyalah harta yang dibelanjakan di jalan Allah SWT. Yang tertinggal menjadi warisan, bergantung sepenuhnya kepada ahli waris. Apakah akan mendekatkan diri ke Surga, atau bahkan menjerumuskan diri ke dalam neraka.

Seumpama belanja di supermarket. Ketika troli di penuhi dengan barang belanjaan, maka akan dicegat di pintu kasir. Semakin banyak belanjaan, maka semakin lama pula prosesnya. Namun, bila troli kosong, maka kita akan dibiarkan berlalu tanpa proses yang rumit.

Cerdas lah me-manage kehidupan, agar memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.

#Tagurday211thn22

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post