Ernasari Fitriati

Saya adalah orang Kuningan Jabar yang mengajar di SMA Yos Sudarso Majenang Cilacap Jateng...

Selengkapnya
Navigasi Web

Delapan Macam Hati yang Baik

Sebagaimana kita ketahui bersama dalam tubuh manusia ada segumpal daging. Kalau daging itu baik, maka seluruh tubuhnya baik namun bila segumpal daging itu buruk maka seluruh tubuhnya buruk. Segumpal daging tadi adalah hati.

Di dalam Al Qur'an kita bisa menemukan delapan macam hati yang baik yaitu :

1. Hati yang SALIM, yang suci.

Yaitu hati yang ikhlas dan kosong dari sifat kufur, munafik, dan kotoran. (Asy-syuara : 89).

2. Hati yang MUNIB, yang selalu inabah.

Yaitu hati yang selalu kembali dan tazkiyah taubat kepada Allah dengan selalu mengerjakan perintahNya. (Qaff : 33).

3. Hati yang MUKHBIT, yang tunduk.

Yaitu hati yang selalu patuh merendah yang tenang dan lapang Sakinah. (Al-hajj : 54).

4. Hati yang WAJAL, yang bergetar.

Yaitu hati yang selalu takut kalau tidak mengerjakan perintah dan tidak selamat dari azab. (Al-mukminun : 60).

5. Hati yang TAQIY, yang bertakwa.

Yaitu hati yang selalu mengagungkan syiar Allah. (Al-hajj : 32)

6. Hati yang MAHDIY, yang diberi hidayah.

"Yaitu hati yang selalu ridho dengan takdir Allah dan berserah atas perkara nya. " (At-taghabun : 11)

7. Hati yang MUTHMAINNAH, yang tenang.

Yaitu hati yang selalu mantap dengan ke Esaan allah dan terus berdzikir. (Ar-ra'ad : 28).

8. Hati yang HAYYU, yang hidup.

Yaitu hati yang kasyaf dari seluruh kejadian yang dialami oleh manusia. (Qaaff : 37).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren banget. Terima kasih Bu atas berbagi pengetahuannya

15 Apr
Balas



search

New Post