Ernasari Fitriati

Saya adalah orang Kuningan Jabar yang mengajar di SMA Yos Sudarso Majenang Cilacap Jateng...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengingat Mati

Dari Ibnu Mas'ud r.a, ia menuturkan: Nabi ﷺ membuat gambar persegi panjang. Di tengah-tengah dibuat satu garis keluar. Lalu beliau membuat garis pendek-pendek di sebelah garis yang ada di tengah seraya bersabda, “Ini adalah manusia, dan empat garis panjang yang mengelilinginya atau betul-betul mengitarinya adalah ajal. Garis yang di luar ini adalah cita-citanya. Adapun garis yang pendek-pendek adalah hambatan-hambatannya. Jika dia dapat menghadapi hambatan yang satu, dia akan menghadapi hambatan yang lain. Dan jika dia dapat mengatasi hambatan yang lain, dia akan menghadapi hambatan yang lain lagi." (H.r. al-Bukhari).

Hadis ini diriwayatkan oleh al-Bukhari dalam tema “Ar-Riqaiq” (Kelembutan-kelembutan) {6417}.

Hikmah Hadis

1. Hendaknya kaum pendidik menggunakan berbagai cara dan ilustrasi apa saja demi memudahkan pemahaman bagi anak didiknya, seperti yang dilakukan oleh Nabi ﷺ.

2. Orang mukmin seharusnya selalu bertobat dan beramal saleh, serta tidak tertipu dengan cita-cita atau angan-angan yang tinggi.

3. Cita-cita yang tercela adalah yang menyebabkan pemiliknya bersikap sombong dan menjauhkannya dari amal-amal saleh.

4. Kebanyakan manusia menyangka bisa meraih semua angan-angannya. : Akan tetapi, sadar atau tidak, waktu kematian ternyata lebih dekat kepada dirinya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Hatur nuhun pisan ulasan dan pencerahannya Teh. Sukses selalu

08 Jun
Balas

Mantap banget, makasih atas pencerahannya Bu

09 Jun
Balas

Subhanallah sangat menarik

08 Jun
Balas

Subhanallah...pencerahan yang luar biasa Bunda. Kadang kita mengeluh saja karena anak didik tidak mau mengerti juga dengan materi yang diajarkan.

08 Jun
Balas



search

New Post