ERNAWATI SUGISTINA

Aku lahir di kota Marmer Tulungagung Jawa Timur, tanggal 27 Mei 1978 . Keinginanku untuk bisa menyampaikan apa yang kulakukan kurasakan, kuinginkan dan ku harap...

Selengkapnya
Navigasi Web
ASYIKNYA BELAJAR DIRUMAH ALA PAUD BOYOLANGU YANG MEMANFAATKAN GRUP MEDSOS ORTU
Belajar dirumah Ala PAUD Boyolangu Tulungagung

ASYIKNYA BELAJAR DIRUMAH ALA PAUD BOYOLANGU YANG MEMANFAATKAN GRUP MEDSOS ORTU

Dampak paparan covid 19 di seluruh dunia juga menjadikan munculnya berbagai pemikiran. Begitupun dengan dunia pendidikan, karena sejak tgl 16 maret 2020 semua satuan pendidikan menerapkan belajar dirumah bagi semua siswanya. Semua siswa dari jenjang pendidikan anak usia dini sampai dengan perguruan tinggi, dapat mengoptimalkan waktu dirumah tetap belajar.

Pihak kemendikbud yang telah lama memiliki link/portal belajar on line dapat dimanfaatkan untuk optimalisasi belajar dirumah. Bagaimana dengan pendidikan anak usia dini, dapatkah juga mengoptimalkan proses pembelajarannya yang biasanya dilaksanakan di lembaga dengan guru/pendidiknya. Untuk belajar dirumah fasitator motivator bisa dilakukan oleh orangtua.

Begitupun lembaga PAUD di boyolangu, kondisi yang saat ini menantang mereka para pendidik tetap menjalankan proses pembelajaran dirumah dengan memanfaatkan medsod gup para orangtua walimurid.Pendidik melakukan langkah-langkah sebagaimana berikut,

1. Pendidik memberikan tugas hari ini , berupa beberapa kegiatan dan disertakan pula tujuannya sebagai petuntuk pelaksanaan sehingga memberi arah bagi orangtua untuk membantu proses pembelajaran anak di grup medsos orangtua

2. Orangtua mendokumentasikan proses dan hasil dengan foto ataupun rekaman vidio yang kemudian di kirim kembali melalui grup medsos orangtua

3. Evaluasi akan di lakukan oleh pendidik/guru dari hasil dokumentasi proses dan hasil kegiatan yang dilakukan anak sebagaiman KD yang ingin dicapai ( yang ada di RPPH hari itu), tentunya sesuai dengan indikator dalam setiap KD yang ingin dicapai

4. Hasil dapat dijadikan rujukan kegiatan yang akan datang, jika belum maksimal maka akan dilakukan kegiatan yang beda dengan ketercapaian KD yang sama.

Kenyataan dilapangan ternyata memberikan suasana yang sangat luar biasa dalam implementasinya, satu pertanyaan atau tugas guru/pendidik mendapatkan jawaban yang buanyaak pada cara melakukannya (oleh anak) berdasarkan kesenangannya kondisinya kebutuhannya dan juga keunikannya.Hafalan surat dengan orangtua sambil sholat dhuha, Hafalan surat sambil ngobrol dengan ibunya,dan lain sebagainya. Beberapa kegiatan lagi dilakukan dengan cara-cara berbeda per anak baik membuat garis tegak miring lengkung sambil menulis di buku di papan di tanah dan lain sebagainya.Semua dilakukan dengan senang hati ....Yuks tetap kreatif semangat sehat dan bahagia selalu. SEMOGA...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post