ERNAWATI SUGISTINA

Aku lahir di kota Marmer Tulungagung Jawa Timur, tanggal 27 Mei 1978 . Keinginanku untuk bisa menyampaikan apa yang kulakukan kurasakan, kuinginkan dan ku harap...

Selengkapnya
Navigasi Web
DALMUT (PENILIK) ONLINE....SIAPA TAKUT
Dalmut online alternatif cara bekerja dari rumah

DALMUT (PENILIK) ONLINE....SIAPA TAKUT

Salam satu semangat bersama untuk maju untuk semua rekan-rekan penilik. Bagaimana kabar sasaran binaan para penilik yang sekarang ini harus menerapkan belajar di rumah sehingga tatap muka langsung tidak dapat terlaksana. Lalu bagaimana dengan kita juga yang harus tetap berlaku sebagai pengendali mutu satuan pendidikan dimana harus menyelaraskan nya dengan 8 standar nasional pendidikan sebagai syarat yang harus dipenuhi penyelenggara pendidikan.

Ternyata perubahan yang sangat signifikan ini memberikan motivasi yang besar untuk berubah dalam pola pemikiran dan tindakan kita, baik para tenaga pendidik yang berada dilingkup sasaran binaan kita maupun diri kita sendiri sebagai pelaku yang mengendalikan mutu satuan pendidikan.Beberapa hal yaang telah dilakukan oleh para PTK untuk memenuhi kebutuhan belajar dirumah adalah memanfaatkan tehnologi informasi. Keberadaan media sosial dengan fasilitas yang beragam menjadikan semuanya lebih sederhana dan mudah untuk melaksanakan pembelajaran daring.

Begitupun dengan pengendalian mutu yang dilakukan penilik memerlukan terobosan baru, siklus mulai perencanaan, pemantauan, penilaian, pembimbingan/pembinaan dan pelaporan dapat memanfatkan tehnologi. Semakin canggihnya tehnologi informatika dengan fasilitas dalmut dapat menggunakan Vidio call di WhatsApp, zoom meeting, google meets ataupun yang lain. Sebagai misal pematauan lewat zoom meeting dapat segera mendaptkan feedback dari sasaran binaan, baik berupa file maupun hasil wawancara.Catatan yang harus diingat adalah prasyarat yang harus dipenuhi, dimana kedua belah pihah siap secara dalam pengusaan tehnologi dan ketersediaan fasilitas.

Sedangkan untuk kelengkapan perangkat dalam pemantauan, penilaiaan dan pembimbingan sekarang sudah bisa memanfaatkan fasilitas dalam google formulir. Kreatifitas dalam pengembangan instrumen pemantauan maupun penilaian serta instrumen lain yang dapat menjawab tugas pokok dan fungsi baik langsung maupun tidak langsung.Dengn ketersediaan fasilitas yang ada di google formulir dapat dengan mudah pula terkirim pada sasaran binaan baik via whatsApp , email, maupun yang lainnya. Apalagi dengan mudah pula dapat terekap feedback dari satuan pendidikan , termasuk ketersediaan diagram semakin memudahkan evaluasi pada hasil tiap - tiap tahapan pengendalian mutu.

Semoga kondisi saat ini justru memacu kita untuk semakin meningkatkan kemampuan dan daya kreatifitas dalam melaksanakan tugas. Jalan terbentang seribu cara dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja. Era industri 4.0 adalah masa penilik bangkit dengan kekuatan dan kompetensinya. Tetap semangat dan selamat bekerja...SUKSES. SEMOGA

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, Bu .... salam kenal, saya penilik Kota Solok Sumbar. Salam sukses untuk seluruh penilik Indonesia.

09 Jun
Balas



search

New Post