ERNAWATI SUGISTINA

Aku lahir di kota Marmer Tulungagung Jawa Timur, tanggal 27 Mei 1978 . Keinginanku untuk bisa menyampaikan apa yang kulakukan kurasakan, kuinginkan dan ku harap...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENCOBA PEMBELAJARAN RAMAH DI MASA PANDEMI....
Pembelajaran ramah dg kegiatan dirumah tetap tercapai kompetensinya

MENCOBA PEMBELAJARAN RAMAH DI MASA PANDEMI....

Banyak yang akan berubah dikala sebuah kondisi menimpa,....Seperti yang sekarang terjadi. Tidak ada yang pernah membayangkan pandemi covid 19 datang, menimpa semua lapisan masyarakat tanpa pandang bulu. Terkena dampaknya hingga tak pelak menghantam semua sektor kehidupan termasuk pendidikan.

Sektor pendidikan yang menjadi salah satu nadi jalannya sebuah generasi bangsa, harus berjuang terseok-seok antara memilih menyelamatkan diri (kesehatan dan keselamatan ) atau melanjutkan dengan kualitas yang mungkin mengalami degradasi. Semuanya adalah pilihan tentunya dengan berbagai konsekuensi.Sementara pilihannya adalah menyelamatkan generasi dan mungkin sedikit mengurangi porsi pendidikan seperti yang terkait erat dengan pembelajaran. Relaksasi alokasi dan jadwal waktu pembelajaran salah satu wujud konkritnya.

Penyesuaian dalam pembelajaran akan berpengaruh pada rancangan maupun evaluasi bahkan pelaporan dari proses pembelajaran itu sendiri. Peraturan dalam bentuk keputusan bersama telah banyak membawa perubahan dalam rancangan pembelajaran, seperti yang terlihat pada bisa dipilihnya kurikulum darurat untuk memudahkan atau bahkan menyederhanakannya dalam pelaksanaan. Terus berubah dan merubah adalah kalimat yang dapat mewakili kondisi yang harus dijawab oleh semua stake holder pendidikan termasuk GTK PAUD.

GTK PAUD harus bisa berubah baik itu pola pikir maupun tindakan yang dapat membantunya menyelesaikan tanggungjawab sebagaimana tugas pokok dan fungsinya. Misalnya dengan merancang pembelajaran yang ramah rumah ramah orangtua ramah lingkungan yang artinya dapat dilaksanakan sesuai kondisi. Dan itu juga berarti para GTK harus merubah keterlaksanaan pembelajaran yang biasa dilakukan, misalnya dengan pemanfaatan media informasi dan tehnologi untuk membantu pembelajaran karena harus Daring begitupun kreatifitas modul perangkat pedoman/panduan yang tepat sasaran dan tepat substansi untuk pembelajaran Luringnya.

Pembelajaran ramah ini salahsatu dampak sekaligus hasil dari perubahan, tantangan bagi semua untuk dapat menjawab jebakan kondisi yang diterima. Siapapun dan dalam kondisi apapun harus siap, tidak perlu menunggu. perilaku sigap tanggap dan aktual harus di pegang sehingga tidak ada yang tidak mungkin dilakukan dan terjadi. Semoga tulisan ini jadi semangat untuk semua. SUKSES....SEMOGA

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pembelajaran kontekstual yang diutamakan ya bun, sukses dan salam literasi

26 Oct
Balas



search

New Post