Ernawati Sulistiyaningsih

Ernawati Sulistiyaningsih, biasa dipanggil Erna. Lahir di Purwokerto, 01 Januari. Kini mengajar di SDN POndok Bambu 01 Pagi, Jakarta Timur. Tinggal di daerah Pu...

Selengkapnya
Navigasi Web
4 Narasumber CIAMIK dan Dunia Internet
Media Guru Indonesia

4 Narasumber CIAMIK dan Dunia Internet

REPORTASE WEBINAR INTERNET PENDIDIKAN JABODETABEK I

4 NARASUMBER CIAMIK dan DUNIA INTERNET

Media guru Indonesia bekerja sama dengan Indosat Ooredo kembali menyelenggarakan Webinar Internet Pendidikan Jabodetabek I. Acara ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 2 Juni 2020 pukul 09.00 – 11.30 WIB. Dan yang istimewa, webinar ini menghadirkan keynote speaker, Bapak Moch. Salim Somad, S.Kom.M.Pd, Ibu Elvaro, perwakilan dari Indosat, 4 Narasumber berasal dari para guru hebat yang bertugas di wilayah JABODETABEK dan tentunya host yang paling setia memandu setiap acara webinar yaitu Pemimpin Umum Media Guru Indonesia dan CEO Gurusiana, Bapak Mohammad Ihsan, serta para peserta dari kalangan guru dan praktisi pendidikan yang tersebar di wilayah Jabodetabek yang jumlahnya diperkirakan 300 peserta.

Pukul 09.00 WIB, para guru sudah hadir melalui zoom meeting dan saling menyapa , saling mengungkapkan kerinduan dan saling bermaafan karena masih dalam suasana Idulfitri 1441H. Tepat pukul 09.15 WIB, Bapak Mohammad Ihsan sebagai host secara resmi membuka acara webinar Jabodetabek 1. Beliau juga mengulas tentang program-program Media Guru yang sedang dirilis seperti pelatihan mengubah KTI menjadi buku, sagusabu (satu guru satu buku), sasisabu (satu siswa satu buku), pelatihan menulis PTK/PTS kelas editor buku, dan pelatihan opini di media, serta menulis cerpen anak. Secara khusus beliau menyampaikan pesan agar guru yang memiliki KTI agar dapat mengoptimalkan fungsinya dan berdayaguna dengan cara merubahnya menadi sebuah buku.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian prakata dari perwakilan Indosat Regional Jabodetabek yaitu Ibu Evaro. Beliau menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih karena dipercaya untuk berkontribusi langsung dalam kegiatan pendidikan.

Sesi sambutan berikutnya adalah hadirnya keynote speaker yaitu Bapak Moch. Salim Somad, S.Kom,M.Pd, Kepala LPMP DKI Jakarta. Beliau menyampaikan tentang sejarah dan pemanfaatan internet, terutama di era pandemi covid 19. Brliau berharap para guru bisa terus menguprade kemampuannya di bidang IT dengan memaksimalkan penggunaan internet dalam pembelajaran.

Yang juga tak kalah special di acara ini hadirnya 4 guru CIAMIK, meminjam istilah anak zaman now yang kurang lebih maknanya sama dengan cakep atau keren. Namun bagi saya, CIAMIK merupakan akronim dari Cerdas, Inovatif, Aktif, Motivator, Inisitif, dan Kreatif, semuanya dimiliki oleh ke­-4 guru yang menjadi narasumber Webinar Jabodetabek 1. Siapa sajakah mereka?

Bapak Haryanto merupakan narusumber pertama, seorang pengembang teknologi pembelaran dari instansi LPMP DKI Jakarta. Beliau mengatakan bahwa di masa pandemi guru harus kreatif memanfaatkan internet agar pembelajaran menjadi sesuatu yang menyenangkan dan bervariasi.

Narasumber kedua menghadirkan Ibu Valeria Sonata, S.Si, MM,M.Th. Beliau seorang guru yang bertugas di SMA Ichthus Jakarta. Ibu Valeria mengenalkan sebuah pembelajaran yang keren beraorama teknologi dunia maya seolah menjadi nyata yaitu pembelajaran Virtual Reality.

Sesi berikutnya paparan dari Ibu Tuti Agiawati, S.Pd, MM, seorang Kepala Sekolah yang bertugas di SDN Rambutan 03 Jakarta. Beliau memaparkan sebuah pembelajaran ASIK dengan Google Suite For Educatoin yang merupakan kependekan dari Asik, Sharing, Inovatif, dan Kreatif.

Dan narasumber terakhir, hadir sosok yang saya sangat mengenal sepak terjangnya. Bapak guru yang tak kenal lelah mencari dan memberi ilmunya, beliau adalah, Prof. Dr. Asep Sutisna Sanjaya, M.Pd. Bertugas di SDN Klender 03 Pagi. Materi yang disampaikan adalah Hypnoteaching Daring.

Setelah pemaparan 4 tokoh pendidikan yang berasal dari guru dan praktisi pendidikan, Media guru juga memperkenalkan para sosok sukses yang telah berhasil mengubah KTI menjadi sebuah buku, seperti Ibu Wawat Tustiawati, Bapak Bambang Anwar, dan Bapak Abdul Waqif.

Host memberikan forum tanya jawab untuk meberikan kesempatan kepada para peserta bertanya seputar ulasan para aarasumber atau hal lain berkenaan program Media Guru.

Saya sangat berkesan dan banyak mengambil manfaat dari pelatihan jurnalistik ini. Materi-materi yang telah dipaparkan menambah wawasan dan pengalaman mengenai kegiatan tulis menulis. dan saya sangat berharap kegiatan ini dapat lebih menumbuhkan minat baca tulis baik bagi peserta kegiatan maupun lingkungan pendidikan khususnya wilayah Jabodetabek 1.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren reportasenya bu

07 Jun
Balas

Terima kasih Ibu, Baarakallah

07 Jun

Subhanallah, mantap Bu..Hasil Reportasenyq

07 Jun
Balas

Alhamdulillah, terima kasih ibu, sehat selalu ya

07 Jun



search

New Post