Ernawati Sulistiyaningsih

Ernawati Sulistiyaningsih, biasa dipanggil Erna. Lahir di Purwokerto, 01 Januari. Kini mengajar di SDN POndok Bambu 01 Pagi, Jakarta Timur. Tinggal di daerah Pu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Resto Apung Muara Angke Panorama Laut Nan Asyik, Harga Tak Membuat Panik
Dokumentasi pribadi

Resto Apung Muara Angke Panorama Laut Nan Asyik, Harga Tak Membuat Panik

Resto Apung Muara Angke

Panaroma Laut Nan Asyik, Harga Tak Membuat Panik

Oleh: Ernawati Sulistiyaningsih, S.Pd

 

Jakarta tak pernah berhenti bertransformasi untuk menjadi kota modern dan melayani warganya dengan berbagai fasilitas sesuai slogan Gubernur DKI Bapak H. Anies Rasyid Baswedan, S.e.,M.P.P.,Ph.D yaitu Maju Kotanya, Bahagia Warganya. Revitalisasi sarana prasarana membuat perubahan besar wajah ibukota yang semakin indah, lengkap dan sangat dirasakan manfaatnya  bagi warga Jakarta khususnya sejak kepemimpinan beliau,  seperti fasilitas rekreasi, ruang terbuka publik, layanan transportasi yang terintegrasi, termasuk destinasi wisata kuliner.

Salah satu destinasi kuliner yang menjadi pilihan warga penyuka makanan seafood adalah Resto Apung yang lokasinya berada di dalam lingkungan Pelabuhan Muara Angke,Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan,  Jakarta Utara. Muara Angke sendiri sebenarnya merupakan daerah hilir dan kuala dari Kali Angke, Menurut Heukeun SJ dalam bukunya yang  berjudul Tempat-Tempat Bersejarah di Jakarta, nama Angke diambil dari nama  panglima perang Jayakarta yaitu Pangeran Tubagus Angke. Lokasi Muara Angke berdekatan dengan PLTG dan PLTU Muara Karang,  Suaka Margasatwa Muara Angke dan hutan Bakau yang dihuni oleh beberapa spesies burung dan hewan langka.

Muara Angke merupakan kampung nelayan yang sebahagian besar Kepala keluarga berprofesi sebagai nelayan dan pedagang ikan di tempat pelelangan. Kaum ibunya adalah  bekerja membuka rumah makan dan pedagang produk makanan hasil olahan ikan. Mereka berdagang membuka warung makan yang menyediakan berbagai masakan seafood dan makanan otak otak sambal kacang khas Muara Angke, lokasinya berderet tak jauh dari tempat singgahnya kapal para nelayan.

Resto Apung Muara Angke baru selesai direvitalisasi sejak akhir tahun 2021 dan mulai beroperasi Maret 2022, dengan perubahan yang semakin indah dan tertata  dari daerah Pelabuhan yang awalnya kumuh, becek, bau amis ikan, dan tak nyaman dipandang mata kini menjadi tempat yang nyaman dikunjungi untuk mencicipi lezatnya  masakan seafood khas kampung nelayan Muara Angke. Pedagang yang ada di Resto Apung sendiri sebenarnya berasal dari pedagang yang semula ditampung di Pusat Jajanan Serba Ikan (Pujaseri) Muara Angke.

Sebelum masuk ke Pelabuhan Muara Angke, pengunjung harus masuk pintu Pelabuhan dan membayar karcis kunjungan dan pengunjung dapat memarkir kendaraannya di tempat parkir bersebelahan dengan area Pasar Ikan Eceran yang menjual berbagai hasil tangkapan laut yang masih segar, dan bervariasi ukuran serta jenis ikannya. Pengunjung dapat membeli ikan sendiri  dan membawa ke Resto untuk diolah atau memilih menu di restoran tanpa harus membeli langsung.

Resto Apung ini termasuk unik dan cantik. Bangunannya berdiri kokoh dengan banyak  tiang pancang beton yang masuk ke dalam laut dan beberapa sudut dihias dengan ornament Betawi termasuk pagar pembatasnya. Fasilitas di dalam resto termasuk lengkap selain ada dapur yang terpisah jauh dari tempat makan, toilet, mushala untuk Jamaah lelaki dan perempuan, juga pilihan ruang makan, dimana pengunjung dibebaskan memilih apakah ingin duduk di ruang terbuka sehingga dapat langsung menatap laut atau di dalam ruangan agar lebih privasi.

Menu makanan yang disajikan banyak macamnya, ada yang prosesnya dibakar, digoreng, ditim atau direbus dengan pilihan menu ikan, udang, cumi, kepiting, atau rajungan, sayuran, lalapan, petai dan variasi sambal yang menggoyang lidah dan aneka minuman. Sebelum pesanan datang, pelayan memberikan hidangan pembuka otak-otak sambal kacang dan semakin nikmat saat makan masakan diiringi deburan ombak serta semilir angin dari laut. Pengunjung tak perlu panik dengan biayanya. Harganya terjangkau dan tak akan membuat ATM anda terkuras habis, hehe

Dan satu lagi kelebihan Resto Apung yang buka setiap hari dari Senin sampai Minggu pukul 10.00 WIB – 21.00 WIB selain memanjakan lidah pengunjung dengan masakannya, dan menawarkan keindahan panorama laut terutama saat malam, Resto ini juga menyediakan Perahu Wisata denga harga terjangkau kurang lebih Rp 25.000 per orang.

Anda penasaran merasakan sensasi makan di atas permukaan laut?. Yuk  ajak keluarga main ke Jakarta dan datang ke Resto Apung Muara Angke.

Muara Angke, 24 September 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post