Erni Wardhani

QUEEN ERNI ATAWA ERNI BERKATA...

Selengkapnya
Navigasi Web

ATURAN TERBARU MEMBERI NAMA PADA ANAK, BERAPA KATA, DAN MAKSIMAL BERAPA HURUF

Tantangan menulis hari ke-142

What is in a name, barangkali Anda masih ingat dengan kalimat yang pernah popular miliknya William Shakespeare. Kira-kira kalau kita alih bahasakan menjadi, “apalah arti sebuah nama”. Mungkin sepintas ada benarnya juga. Kita tidak perlu terlalu mempermasalahkan nama. Namun, mengapa pepatah dari Om William tadi kemudian muncul. Barangkali kita masih ingat cerita Romeo and Juliet yang cintanya terhalang sehingga tidak bisa bersatu karena nama belakang mereka. Ya, nama belakang dua keluarga, yang sudah lama menjadi musuh bebuyutan. Hal tersebut hingga sekarang masih kita temukan, sehingga sebetulnya pepatah dari Om William masih relevan dengan zaman sekarang.

Namun di sisi lain, pepatah tersebut harus dipatahkan, dan memang masuk logika, bahwa nama itu sangat besar sugestinya bagi sang pemilik nama. Nama adalah doa. Semakin sering orang berucap nama kita, maka dapat dipastikan doa-doa akan selalu mengalir kepada kita. Oleh sebab itu, berikanlah nama anak kita dengan sebaik-baiknya nama, dan mengandung pengharapan yang baik pula, sehingga menjadi doa bagi pemiliknya.

Pentingnya pemberian nama yang baik dan jelas juga akan menolong anak kita nantinya di dalam pengisian data. Apabila terlalu panjang dan rumit dalam penulisannya, maka dapat dipastikan akan menyusahkan bagi pemilik nama. Tentunya akan memancing masalah di dalam suatu peristiwa. Contohnya ketika sang pemilik nama akan mengikuti tes, maka dapat dibayangkan apabila orang tersebut akan kesulitan di dalam mengisi biodata.

Apalagi kini ada aturan dari Kemendagri tentang pemberian nama orang per tanggal 21 April 2022, bahwa nama orang paling sedikit harus terdiri atas dua kata, artinya tidak boleh satu kata, dan jumlah huruf paling banyak mengandung 60 karakter sudah termasuk spasi. Untuk aturan pemberian nama harus lebih dari satu kata, barangkali ada kaitannya dengan apabila suatu saat orang tersebut harus ke luar negeri, maka dia tidak akan mengalami kesulitan, karena seperti yang kita tahu, kalau ke luar negeri, harus memiliki nama yang lebih dari satu kata. Jadi, dari pada ribet nanti, lebih baik orang tua mengetahui hal pemberian anak. Apabila sudah terlanjur memiliki nama satu kata, maka biasanya diharuskan untuk mencantumkan nama orang tua di belakangnya, dan itu lumayan memakan waktu untuk mengurus-urusnya. Lain halnya dengan Amerika, di sana apabila memiliki nama satu kata, maka akan ada semacam ID, misalnya ada yang memiliki nama Rose, maka yang tercetak menjadi “FNU Rose” (First Name Unknown).

Barangkali kalau di Indonesia sendiri, yang memiliki satu kata untuk nama, semakin ke sini semakin jarang, bahkan cenderung panjang-panjang. Nama yang hanya satu kata kebanyakan dari kelahiran zaman old, biasanya berawalan Su….

Walau begitu, penting sekali bagi keluarga kita untuk selalu mengikuti informasi terkini dari Pemerintah. Hal tersebut kita lakukan untuk kebaikan kita juga nantinya. Bagi para mama yang sebentar lagi akan melahirkan dan sudah mempersiapkan nama hanya satu kata, silakan untuk dipikir ulang agar ananda tercinta menjadi orang yang banyak didoakan oleh orang lain, dan tentunya tidak banyak mengalami masalah akibat dari nama pemberian orang tua yang kurang bijaksana.

Penulis adalah guru SMKN 1 Cianjur.

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Jadi ingat soal namaku yang paling panjang di kelasku. Ternyata baru 19 karakter. Salam Bineka nama! yes!!

24 May
Balas

Karena aturan, ayo, mari kita menyesuaikan. Sependek apapun yang diinginkan jangan kurang dari dua kata. Jika ingin panjang pun jangan lewat dari 60 karakter. Terima kasih, Bu Erni atas pencerahannya. Salam sukses selalu.

24 May
Balas

Sangat Informatif, Bu Erni. Salam sukses selalu.

24 May
Balas

Ulasan yang keren bun, namaku hanya 9 huruf dan satu kata

25 May
Balas

Betul Bu Erni. Pengalaman waktu mau umroh, nama anak saya sudah 2 kata tapi ketentuan di paspor minimal tiga kata. Sehingga nama belakangnya saya tambah dengan nama saya.

24 May
Balas

Suwardhani = lahir zaman old

24 May
Balas

Informatif sekali

24 May
Balas

Informatif sekali

24 May
Balas

Informatif sekali

24 May
Balas

Informatif sekali

24 May
Balas

Informatif sekali

24 May
Balas

Informatif sekali

24 May
Balas

Informatif sekali

24 May
Balas

Informatif sekali

24 May
Balas

Informatif sekali

24 May
Balas

Informatif sekali

24 May
Balas

Informatif sekali

24 May
Balas

Informatif sekali

24 May
Balas

Informatif sekali,bu emi salam literasi

24 May
Balas

Informatif sekali,bu emi salam literasi

24 May
Balas

Informatif sekali,bu emi salam literasi

24 May
Balas

Informatif sekali,bu emi salam literasi

24 May
Balas

Informatif sekali,bu emi salam literasi

24 May
Balas

Informatif sekali,bu emi salam literasi

24 May
Balas

Informatif sekali,bu emi salam literasi

24 May
Balas

Informatif sekali,bu emi salam literasi

24 May
Balas



search

New Post