Esti Munafifah

Esti Munafifah. Mengajar IPA di MTsN 1Kota Blitar sejak tahun 1999 hingga sekarang....

Selengkapnya
Navigasi Web
Puasa Ramadan itu Wajib, Umroh itu Sunah

Puasa Ramadan itu Wajib, Umroh itu Sunah

Puasa Ramadan itu Wajib, Umroh itu Sunah

Logikanya umroh di bulan Ramadan lebih berat, karena umroh adalah ibadah fisik yang memerlukan kondisi tubuh prima. Apalagi jika suhu udara di Arab Saudi cukup panas (ukuran orang Indonesia). Jika Anda memiliki ibu yang sudah lanjut usia (seperti ibu saya 76 th), mana yang Anda pilih? Tetap mengajaknya umroh di bulan Ramadan, dengan catatan jika memang tidak kuat berpuasa maka puasa dibatalkan dan terhutang. Atau mengundur jadwal umroh di luar bulan Ramadan, misalnya di bulan Syawal.

Hanya ibu sendiri yang bisa memutuskan, kira-kira kuat atau tidak. Sehingga sebelum keputusan itu bulat, kutanyakan pada ibu persoalan tersebut. Ibu sejenak termenung lalu berkata," Umroh adalah ibadah sunah, sedangkan puasa ramadan adalah ibadah wajib. Jika ini adalah kesempatan namun harus diundur, apakah bisa menjamin di bulan Syawal kesempatan itu datang untuk saya?"

Dari pertanyaan itu akhirnya ibu memutuskan untuk tidak menunda umrohnya. Ibu bilang,"Jika waktunya meninggal di mana saja juga meninggal. Jika memang harus meninggal di kota Mekah atau Madinah, alhamdulillah semoga Husnul khatimah. Insyaallah saya kuat umroh dan berpuasa." Ibu telah memasrahkan semuanya pada Allah. Akhirnya kami pun berangkat dengan hati lapang.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

15 Apr
Balas



search

New Post