Etik Ulfianita Sari Ningsih

"Jika kamu bukan anak seorang raja, bukan juga anak seorang ulama besar, maka menulislah!" -Imam Al-Ghazali. Guru di MI Unggulan Darussalam Kabupaten Blitar...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengajarkan Disiplin Sejak Dini (H29)

Saya mengira kedisiplinan dapat diajarkan kepada anak ketika mereka sudah bisa bicara. Ternyata saya salah. Menurut bu Najeela, jangankan anak usia 1-2 tahun, bayi 4-7 bulan saja sudah bisa diajarkan kedisiplinan.

Contoh pengajaran disiplin kepada bayi adalah ketika bayi sedang menyusu pada ibunya. Hampir semua bayi pernah menggigit puting ibunya. Ketika digigit apa respon sang ibu? Kalau saya diajari ibu saya untuk memencet hidung si bayi. Karena tidak bisa bernapas maka bayi akan melepas gigitannya.

Iya saya praktikkan. Hasilnya si kecil menangis dan trauma beberapa saat tidak mau menyusu. Akhirnya saya sadar bahwa itu bukan hal yang benar. Kalau sang ibu berteriak? Bayi akan menganggap ibu sedang mengajaknya bercanda. Dan itu yang saya alami bersama si kecil beberapa waktu sebelumnya.

Menurut bu Najeela, cara mengajarkan kedisiplinan kepada si kecil pada momen itu adalah dengan menjauhkan bayi dari puting ibu. Akhirnya perlahan bayi akan memahami, ia tidak dapat menyusu jika menggigit puting ibunya. Untuk dapat mendisiplinkan anak memang butuh konsistensi dan kesabatan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sekolah cikal bu, mantap. Sukses dan salam kenal

29 Dec
Balas



search

New Post