ETTY YUSRIKA FITRI

Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ditugaakan sebagai pendidik di SMAN 1 Riau Silip. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bekal Muda Menuju Lansia

Bekal Muda Menuju Lansia

Tantangan Menulis Hari Ke-2

Menjadi lansia pastinya adalah harapan setiap orang, bisa menjalani hidup hingga tua, panjang umur, dan sehat sebagaimana yang selalu menjadi bait panjang yang dipanjatkan dalam rentangan telapak tangan yang terbuka. Menjadi tua bersama pasangan hidup atau istilahnya “Menua Bersama” pasti adalah keinginan setiap insan di dunia yang kemudian berharap setelah melewati masa lansia, pada akhirnya menutup mata yang kemudian disusul oleh pasangan dalam selisih waktu yang tidak lama bak kisah Romeo dan Julliet yang sehidup semati.

Lansia merupakan sebuah karunia yang diberikan Tuhan yang tidak setiap orang mendapatkannya. Lansia atau Manula (Manusia Lanjut Usia) adalah penduduk yang berada dalam usia 64 tahun ke atas yang secara demografi disebut dengan penduduk usia tidak produktif. Dalam pencapaian sebuah negara, semakin banyak penduduk lansia menunjukkan kualitas penduduk yang sangat baik dengan tingginya angka harapan hidup suatu negara.

Lansia merupakan proses alamiah manusia yang ditandai dengan menurunnya fungsi dari organ tubuh, berkurangnya daya jaringan untuk memperbaiki diri atau mempertahankan fungsi tubuh secara normal sehingga tubuh tidak mampu bertahan terhadap infeksi serta kerusakan organ. Perubahan yang rentan pda lansia dan sebenarnya perlu diwaspadai terletak pada organ tubuh bagian tulang, otak, sistem saraf, saluran pencernaan, dan panca indera. Perubahan pada manula tidak hanya terjadi pada fungsi fisik, namun juga adanya perubahan pada psikologi atau kepribadian. Perubahan pada psikologi ini tidak selalu berubahke arah yang negatif. Banyak lansia memiliki kepribadian postif di usia tua. Adapun beberapa tipe kepribadian lansia adalah sebagai berikut :

1. Tipe Konstruktif 2. Tipe Mandiri 3. Tipe Tergantung 4. Tipe Bermusuhan 5. Tipe Kritik Diri

Kategori penduduk usia produktif atau lansia diawali pada umur 64 tahun, lalu sampai umur berapakah manusia dapat hidup paling tua. Tercatat dalam media pers banyak orang yang mencapai usia lanjut dengan sehat diantaranya Kane Tanaka, seorang perempuan asal Jepangpada tanggal 02 Januari 2020 lalu merayakan ulang tahunnya yang ke 117. Selain itu ada juga Misao Okawa yang meninggal usia 117 pada tahun 2015, Emma Morano (Italia) yang juga mencapai usia 117 tahun di tahun 2017, Katerina Karnarou (Yunani) berusia 107 tahun di tahun 2020, Jeanne Bot (Prancis) usia 115 tahun, Noeme de Silveira (Amerika Selatan) 114 tahun, Iris Westman (Amerika) usia 114 tahun, Mina Kitigawa (Jeoang) 114 tahun, dan Biyem Setyo Utomo atau yang biasa akrab dipanggil dengan panggilan Mbah Lindu adalah orang tertua di Indonesia yang meninggal pada tanggal 12 Juli 2020 pada usia yang genap ke 100 tahun.

Lansia yang nota bene nya ialah penduduk usia tidak produktif dimaknakan bahwa pada usia ini, manula tidak lagi bekerja produktif sehingga di beberapa sektor mata pencaharian atau profesi membatasi usia kerja pada usia paling tua adalah 60 tahun. Fenomena yang banyak terjadi di masyarakat ketika manula atau lansia ini telah pensiun yang terjadi justru adanya tingkat penurunan imun. Ironisnya kesehatan fisik justru menurun sehingga menikmati masa tua atau masa pensiun menjadi isapan jempol. Kenyataan yang terjadi malah kebalikannya yaitu sakit-sakitan mulai mondar-mandir ke rumah sakit untuk rawat jalan. Sebagaimana doa dan harapan untuk sehat dan umur Panjang atau lanjut usia, maka harapan dan ucapan harus satu garis lurus dengan perbuatan dalam pola hidup agar Tuhan melayakkan doa tersebut untuk menjadi nasib baik untuk kita.

Tanpa mengingkari ketentuan dari Tuhan mengenai maut atau ajal, tentu mempersiapkan diri menyambut lansia nanti merupakan sebuah perbuatan baik. Nabi pernah berpesan bahwa kejarlah dunia (bekerjalah) seakan-akan kita akan hidup selamanya, dan kejarlah akhirat seolah-olah kita akan mati esok hari. Mengingat pesan Nabi tersebut maka sudah selayaknya kita mempersiapkan diri sedari muda untuk hidup di dunia selama-lamanya, tentu pada akhirnya mengisi hidup di dunia yang lama ini dengan aktivitas yang akan mengantar kepada kehidupan akhirat.

Berikut adalah tips yang mulai diupayakan sedari muda untuk menuju lansia yakni dengan tips berikut :

Tidak makan dengan makanan instan dan berhenti makan ketika hampir kenyang. Makan makanan sehat seperti makanan fermentasi, akar-akaran, sayuran hijau, dan ikan. Makan makanan yang kaya omega yang terkenal mampu menjaga Kesehatan jantung Banyak berjalan kaki yang bermanfaat bagi syara-syaraf otot Membaca buku sebagai relaksasi agar agar kemampuan otak tidak menumpul. Menjaga Kesehatan gigi dan gusi

g. Istirahat yang berkualitas yang bermanfaat untuk mencegah stress, merawat sel tubuh, dan membuat daya tahan tubuh tetap prima di usia lanjut.

Inilah trik sebagai bekal menuju lansia. Pada akhirnya tersemat doa semoga seberapa pun usia yang diberikan kepada kita menjadi berkah, bermanfaat bagi lingkungan sebagaimana rahmatan lil'alamin serta pergi meninggalkan dunia dalam keadaan husnul khotimah yang mengantar pada pertemuan dengan Sang Maha Cinta Allah Robbul Izzati. Semoga tulisan ini membawa manfaat untuk penulis dan pembaca tercinta. Saran yang bersifat konstruktif sangat diharapkan dari sahabat literasi Media Guru Indonesia.

#Tantangan Menulis Hari Ke-2

#Media Guru Indoonesia

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Menua until jannah

02 Oct
Balas

bahasa versi kakak selaaaalu indah. Sarannya akan jd bahan revisi ketika ketika proses buku. Makasih kakak.. Alhamdulillah wa barokalloh.

02 Oct

Ternyata menua itu berkah say

02 Oct
Balas



search

New Post