ETTY YUSRIKA FITRI

Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ditugaakan sebagai pendidik di SMAN 1 Riau Silip. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
USBN Resmi Dihapuskan

USBN Resmi Dihapuskan

Tepat tiga tahun USBN dilaksanakan di negeri ini, akhirnya berakhir. Ini lah headline yang beredar di dunia maya  yang saat ini butuh pencerahan dan kejelasan bagi guru mengenai dihapuskannya Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Kebenaran berita ini paling tidak akan mengurangi beban guru dan beban sekolah. 

USBN yang dilaksanakan tiga tahun lalu berakhir dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 43 Tahun 2020.Terimakasih Mas Menteri.

Bukan guru menganggap USBN sebagai beban yang mengindikasikan kemalasan guru, namun faktanya proses pembuatan administrasi penilaian dalam USBN yang dikerjakan melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) cukup membuat guru kerepotan dalam manajemen waktu.

Berbagai masalah yang cukup menyebabkan pembuatan soal tidak selancar yang dibayangkan. Mulai dari sulitnya menentukan jadwal pertwmuan MGMP yang mana jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) masing sekolah berbeda sehingga ketika pertemuan MGMP mengandung resiko guri meninggalkan sekolah yang otomatis meninggalkan jam pelajaran. Kepala Sekolah yang sejatinya mendukung kegiatan MGMP dalam penyusunan soal -pun tidak selalu hadir sesuai dengan yang diharapkan. Susahnya ijin untuk mengikuti pertemuan kerapkali dialami guru dengan dalih guru meninggalkan jam mengajar. Dalih seperti ini guru juga menyadari bahwa resiko pertemuan MGMP untuk menyusun soal akan menyita waktu guru yang seharusnya guru memberdayakan waktu yang tersisa untuk melayani peserta didik dengan optimal sebelum tiba masa Ujian Sekolah.

Dengan terbitnya Permendikbud Nomor 43 Tahun 2020, penilaian peserta didik pada tahun terakhir menjadi siswa diselenggarakan oleh sekolah menjadi Ujian Sekolah (US) dengan teknis penyusunan soal dibuat oleh guru di sekolah. Efektif; tanpa harus meninggalkan tugas pokok guru di sekolah.

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Begitu ya... Hehe... Boleh juga, tapi dr sudut pandang lain kk menulisnya lain... Yuk lanjut dengan USBN versiku.. Hehe

25 Jan
Balas



search

New Post