Euis Ismaliawati

Seorang Konselor di SMAN 1 Sumberjaya Kab. Majalengka. bertugas sejak tahun 2005. Kegemaran akan menulis sebenarnya sejak lama, hanya masih belum percaya diri ...

Selengkapnya
Navigasi Web
KENALILAH AKU!

KENALILAH AKU!

SUDAHKAH KITA MENGENAL DIRI KITA SENDIRI?

Dalam kehidupan sehari-hari ada individu yang sudah memiliki kepercayaan diri untuk menampilkan diri (kemampuan). Akan tetapi di sisi lain, masih ada individu yang menilai rendah dirinya sendiri. Tidak bisa dipungkiri juga, bahwa kita lebih mampu untuk menilai kesalahan-kesalahan orang lain. Ibarat pepatah Gajah di pelupuk mata tidak nampak, semut di seberang lautan nampak jelas.

Pengenalan diri merupakan kemampuan seseorang untuk melihat kekuatan dan kelemahan yang ada pada dirinya sehingga dapat melakukan respon yang tepat terhadap tuntutan yang muncul dari dalam maupun dari luar.

Pengenalan diri merupakan salah satu cara untuk membentuk konsep diri. Konsep diri merupakan persepsi seseorang terhadap dirinya, bagaimana seseorang memberikan penilaian terhadap fisiknya, karakternya, status sosialnya, serta aspek-aspek diri lainnya. Seseorang dapat memahami konsep dirinya melalui pengenalan diri dan perenungan yang tidak sebentar. Konsep diri yang positif membantu seseorang memaknai secara positif arti dirinya dan akan berdampak pada kesehariannya yang positif pula.

Pengenalan diri secara umum diperoleh dari tiga cara utama yaitu persepsi diri, perbandingan sosial, dan umpan balik. Persepsi diri merupakan hasil dari pengamatan seseorang tentang perilakunya dalam lingkungan, yang lebih dikenal sebagai introspeksi diri. Perbandingan sosial dilakukan dengan cara membandingkan diri dengan orang lain, namun ketentuan ideal suatu perilaku belum tentu juga diperoleh pada diri orang lain. umpan balik merupakan masukan atau informasi tentang penilaian diri kita yang diperoleh dari orang lain.

Konsep diri positif diperoleh ketika daerah publik lebih luas daripada daerah yang lain. Untuk memperoleh wilayah daerah publik yang luas, dapat dilakukan oleh dua cara, yaitu :

Pengungkapan diri (Self Disclosure), dengan menceritakan informasi diri maka akan membuka daerah tersembunyi, sehingga orang lain akan mengetahui informasi-informasi diri yang mungkin belum diketahuinya. Dampaknya adalah semakin banyak informasi yang diketahui bersama dan akan memperluas daerah publik untuk mengetahuinya.

Umpan balik (feedback), informasi tentang diri yang diberikan oleh orang lain sebagai umpan balik akan membuka daerah buta sehingga seseorang yang menerima umpan balik akan lebih mengenal dirinya dan memperluas wilayah daerah A. Umpan balik bertujuan untuk memberikan informasi yang konstruktif bagi seseorang. Umpan balik diberikan ketika seseorang telah siap menerima umpan balik, karena jika orang itu tidak siap, umpan balik dapat berubah menjadi bumerang yang berbahaya bagi seseorang.

Secara sederhana, pengenalan diri itu menjawab pertanyaan siapa saya? Jika mampu menjawab pertanyaan ini, biasanya seseorang akan melanjutkan dengan bertanya, hendak menjadi apa saya? Oleh karena itu, jawaban dari pertanyaan sederhana tentang pengenalan diri pada akhirnya bermanfaat untuk membantu seseorang menentukan akan seperti apa kita di kemudian hari.

Akan tetapi, seiring dengan tantangan tiap masa ke masa yang selalu berubah dan cenderung lebih berat dengan berbagai lini di kehidupan, akan menantang kita dan menjawab “seberapa kuatkah kita melalui tantangan tersebut?” Jika kita termasuk orang yang berubah secara instan, maka kita akan dengan cepat berubah sesuai dengan lingkungan tempat kita berada. Tetapi, jika kita termasuk orang yang cenderung menghargai proses, maka kita akan mengikuti proses tersebut dan akan berubah menjadi seseorang yang sesuai dengan yang kita harapkan, kuat menghadapi rintangan seberat apapun, meski rintangan tersebut berasal dari lingkungan terdekat dengan kita sekalipun.

So, selamat berproses, dan menjadi pemenang untuk menang sebagai sang juara dan bermental baja.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Harus bisa menghadapi segala rintangan agar bisa 'naik kelas' dalam menjalani hidup. :)

09 Jun
Balas

Super sekali...

09 Jun



search

New Post