Euis Ismaliawati

Seorang Konselor di SMAN 1 Sumberjaya Kab. Majalengka. bertugas sejak tahun 2005. Kegemaran akan menulis sebenarnya sejak lama, hanya masih belum percaya diri ...

Selengkapnya
Navigasi Web
'Saatnya Bahasa menjadi sebuah identitas'
BAHASAKU IDENTITASKU

'Saatnya Bahasa menjadi sebuah identitas'

Bahasa merupakan salah satu media yang digunakan dalam setiap lini kehidupan ketika seseorang bersama orang lainnya berkomunikasi, dalam hal ini berbicara satu sama lainnya. Apakah yang dibicarakan tersampaikan maknanya sesuai dengan yang diharapkan? Tergantung pada persamaan persepsi atau interpretasi yang muncul diantara kedua belah pihak yang sedang melakukan komunikasi tersebut.

Pemahaman bahasa yang tidak sama ketika melakukan komunikasi dapat menimbulkan dampak yang cukup memunculkan masalah jika tidak diiringi penerimaan bahwa diantara kita ada perbedaan. Tetapi penggunaan bahasa yang tidak sama pun akan memunculkan hal positif, diantaranya rasa keingintahuan dan belajar bahasa di luar bahasa ibu dalam berkomunikasi sehari-harinya.

Banyaknya ragam bahasa yang ada di Negara kita, maka akan banyaklah ragam budaya yang membersamainya. Jangankan berbeda daerah, dalam satu daerah pun kadang memiliki ragam dan tata bahasa serta logat yang berbeda. Sehingga memungkinkan kita untuk banyak belajar mengenal dan membiasakan diri menggunakan bahasa asal sebagai bahasa sehari-hari. Sebagai bahasa ibu generasi bangsa, bahasa yang baik dan benar perlu dikembangkan di lingkungan terdekatnya.

Bagaimanakah caranya agar bahasa daerah kita tetap lestari?

1. 1. Belajar dan mengenal bahasa daerah,

2. 2. Tumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap bahasa daerah, minimal mencintai bahasa daerah kita sendiri, lebih baik lagi apabila juga mencintai bahasa daerah lainnya

3. 3. Menggunakan bahasa daerah dalam kehidupan sehari-hari dan di waktu yang tepat

4. 4. Mengenalkan bahasa daerah kepada generasi berikutnya

5. 5. Memperkenalkan bahasa daerah kita kepada orang lain

6. 6. Memasukkan bahasa daerah dalam proses pembelajaran di sekolah, sehingga secara formal bisa dipelajari di dalam lingkungan pendidikan

7. 7. Tidak terpengaruh oleh budaya asing

8. 8. Menghidupkan bahasa daerah dalam lomba-lomba, misalnya lomba pidato bahasa daerah, lomba menulis puisi bahasa daerah dan lain sebagainya..

9. 9. Mengapresiasi segala bentuk hasil karya seni yang menggunakan bahasa daerah kita.

Dengan membiasakan diri menggunakan bahasa daerah di setiap hari, maka dengan sendirinya kita melindungi bahasa daerah kita agar tidak punah. Hingga sampai ke generasi selanjutnya bahasa daerah kita akan tetap lestari.

Bahasa apa yang dapat dipergunakan sebagai alat komunikasi, hingga komunikasi bisa lebih efektif?

1. 1. Bahasa yang dipakai adalah bahasa yang dapat dipahami kedua belah pihak, baik bahasa daerah maupun nasional

2. 2. Mengenal dan memahami bahasa dan dialek bahasa yang digunakan, karena akan menentukan kesamaan persepsi di antara kedua belah pihak

3. 3. Pertegas makna bahasa dengan gesture hingga informasi yang disampaikan dapat dipahami

4. 4. Berani bertanya untuk mengetahui apakah maksud dan tujuan pembicaraan sesuai dengan interpretasi kedua belah pihak (komunikator dan komunikan)

Bagaimana, sulitkah kita menggunakan bahasa (daerah) kita dalam kehidupan sehari-hari? Kalau bukan kita, mau siapa lagi?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ...Sepakat bun

03 Jul
Balas

Iya Bun, soalnya di rumah kami pun, minimal ada 3 bahasa sehari-hari selain bahasa indonesia...

04 Jul



search

New Post