Euis Kurniawati

Alumni Sagu Sabu Bandung....

Selengkapnya
Navigasi Web
Jangan Jadi Editor

Jangan Jadi Editor

APKS PGRI Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Media Guru Indonesia telah menyelenggarakan Pelatihan Kelas Editor bagi para guru pada tanggal 6 dan 7 April 2019 di Bandung. Bertempat di Aula Gedung PGRI, sebanyak 43 peserta yang berasal dari dalam dan luar Jawa Barat melakukan praktik pengeditan secara langsung dibimbing oleh Eko Prasetyo. Dia adalah pemimpin redaksi Media Guru yang sudah malang melintang dalam dunia tulis-menulis.

Antusiasme peserta tampak jelas dari keaktifan mereka dalam mengikuti pelatihan sejak menit pertama dimulai. Bukan karena iming-iming sertifikat 32 jam pelajaran yang akan mereka dapatkan, melainkan karena kepiawaian Eko dalam menyajikan materi pelatihan. Materi pelatihan seperti penggunaan tanda baca, kata baku, kata tidak baku, dan kalimat efektif, diramu secara menarik. Tak ada satu pun peserta yang tampak bosan apalagi mengantuk, semuanya aktif berdiskusi.

Semangat para peserta makin bertambah tatkala Eko memberikan apresiasi bagi peserta yang menjawab dengan benar, juga yang menjawab dengan salah, dari setiap pertanyaan yang diajukannya. Hadiah-hadiah yang diberikan diantaranya berupa buku karya Eko yang berjudul “Menulis atau Mati”, pulpen, roti, dan coklat, sukses menjadi penyemangat bagi para peserta.

Di sela-sela penyampaian materi, Eko menyampaikan satu hal penting. Menurut Eko, kesuksesan penjualan sebuah buku tidak berbanding lurus dengan ketenaran editornya. Pembaca lebih mengingat nama penulis ketimbang nama editor buku. Hal tersebut disampaikan agar peserta siap mental jika kelak mereka menjadi seorang editor.

Hari ini para peserta telah kembali ke tempat asal masing-masing membawa tambahan ilmu dan pesan berharga dari Eko Prasetyo, yaitu “Jika ketenaran yang dicari, maka jangan pernah bermimpi menjadi editor”.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kata kuncinya, menurut Pak Eko, adalah swasunting. Jadi, paling tidak kita bisa menyunting tulisan kita sendiri. Membersihkannya dari kesalahan pengetikan dan mempertimbangkan logika berbahasa. Sangat bermanfaat, ya.

08 Apr
Balas

Betul sekali, Pak. Bagi saya sendiri, ilmu yang diperoleh dari pelatihan kemarin menjadi bekal yang sangat berharga dalam menyunting, terutama tulisan sendiri.

08 Apr

Engga ah. Nanti kurus...

07 Apr
Balas

Sekalian ngedit dan diet. ^_^

07 Apr

Pucat lagi...ya bund

08 Apr
Balas



search

New Post