eva suzana

Cikgu ini lahir di Payakumbuh pada tanggal 20 April 1969. Saat ini bertugas sebagai guru IPA di SMP Negeri 2 Kec.Harau Kab.Lima Puluh Kota Sumbar...

Selengkapnya
Navigasi Web

Silaturahmi dan Klarifikasi

Dalam pergaulan sehari hari terkadang kita secara sengaja atau tidak sengaja membicarakan atau membahas tentang seseorang di belakangnya. Menggunjing atau gibah tentu saja tidak baik dan perilaku ini sangat dilarang dalam ajaran Islam. Sungguh tidak adil menghakimi seseorang tanpa kehadiran orang tersebut. Apalagi apa yang kita gunjingkan itu jauh dari kebenaran, dan bisa menjadi sebuah fitnah. Terkadang hanya prasangka buruk, dari hasil pengamatan luar sajatanpa kita tahu apabyang sebenarnya terjadi.

Sesuatu yang kita anggap janggal dilakukan teman kita , misalnya dia ingkar dari janji dengan salah seorang teman juga. Kita sebagai orang luar lalu seenaknya kita menuduh atau berprasangka dia seorang pembohong dan menjadikannya sebagai bahan guyonan terselubung. Padahal kita tidak tahu apa yang terjadi sebenarnya. Mungkin saja si teman yang berjanji sudah minta maaf atau membuat janji baru. Bisa saja persoalan diantara kedua orang itu telah selesai.

Apapun kejadiannya tak ada yang lebih baik selain berpikir positif terhadap orang lain. Agar jangan ada dusta dalam lingkup pertemanan kita maka menjaga hubungan silaturahim dan selalu klarifikasi kepada orang yang bersangkutan jika ada permasalahan yang muncul. Jangan mudah berprasangka, berasumsi dan menduga duga, karena apa yang kita lihat hanya sebatas mata.

*

Payakumbuh, 2 Januari 2023

#tantangangurusiana_23

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post