Ezita

Nama saya Ezita Saya lahir di sebuah nagari bernama Tanjung Bonai. Nagari ini terletak di kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah datar. Provinsi Sumatera Barat....

Selengkapnya
Navigasi Web

Demi Sebuah Data tantanganH-170

Data adalah catatan atas sekumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. (Wikipedia).

Data berguna untuk mendapatkan informasi yang akurat dari sebuah kejadian. Apabila ada sebuah kasus yang perlu diungkapkan kebenarannya maka diperlukan data yang ril sesuai ciri-ciri dari maslalah yang akan diungkap. Data pada awalnya dikumpulkan, diolah dan dipresentasikan. Kegiatan ini dilakukan sesuai langkah-langkah statistik yang benar.

Penggunaan data sangat dekat dengan para mahasiswa yang akan menamatkan perkuliahan. Untuk membuat tugas akhir berupa skripsi (S1), tesis (S2) dan Disertasi (S3). Tentunya data selalu lengket dengan para peneliti atau penyidik dan lain-lain.

Kali ini aku ingin berbagi pengalaman dalam menemani nak dis mengumpulkan data dalam rangka menyelesaikan tugas akhir program S2 nya. Tesis yang sedang disusunnya sudah melewati tahap pengumpulan data.

Dalam menemani beliau kami orang tuanya selalu menyediakan waktu luang untuk menemaninya mengumpulkan data. Tanpa memedulikan keadaan cuaca, hujan atau panas kami selalu mengarungi jalan menuju tempat sumber data tersebut. Seperti hari ini, ayah dan anak menempuh perjalanan 20 km menuju sumber data. Alhamdulillah terkumpul lebih banyak daripada hari biasa.

Pada waktu lain, kami pernah menyerobot hujan lebat sambil membawa alat berupa timbangan elektronik yang dibungkus dengan plastik naik motor ke rumah seorang sumber data. Kami rela berbasah-basahan asalkan alat pengumpul data tidak kena hujan. Anaakku berkata,

"Alhamdulillah. Syukur pada Allah. Saat mengumpulkan data saya berada dekat ayah dan ibu. Jika jauh dekat kampus di seberang lautan sana, Wallahu alam untuk mendapatkan data dari 100 lebih subjek." Anakku mengucapkan syukur kepada Allah atas semua karuniaNya.

"Ya nak. Kita sangat perlu berfikir positif atas semua kejadian yang kita alami. Berserah diri pada Allah saat kita bertekat dari awal untuk bisa menyelesaikan pengumpulan data ini dalam 1 bulan. Alhamdulillah sudah terkumpul." Jawabku.

Terima kasih atas kebaikan semua pihak yang berkenan meluangkan waktu untuk menjawab serangkaian pertanyaan guna mendapatkan data oleh anakku. Semoga Allah membalasnya dengan kebaikan dan pahala yang berlipat ganda. Aamiin.

Ya Allah mudahkanlah jalan untuk anak hamba dalam menyelesaikan tugas perkuliahannya. Berkahilah ilmunya untuk dapat memberikan kebaikan pada alam dan makhluk lainnya. Jadikanlah ilmu yang didapatnya untuk lebih mendekatkan diri padaMu. Aamiin.

Padang, 28 November 2020.

#tantanganH-170

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin ya robbal aalamiin

28 Nov
Balas

Makasih fit

29 Nov



search

New Post