FADILLAH RAHMI

WRITER INSPAIRING 18 HARI MEMBAKAR DOSA Fadillah Rahmi Nasution S.Sos* Meletakka...

Selengkapnya
Navigasi Web
Canva Ceria, Cara Anak Kebon Taklukkan Gawai

Canva Ceria, Cara Anak Kebon Taklukkan Gawai

Amanah menjadi guru di daerah perkebunan memiliki tantangan tersendiri. Sejak awal mengajar di SMAN I Galang, keinginan untuk membawa siswa-siswaku melihat “dunia luar” sangat besar. Saya ingin sekali mereka termotivasi melanjutkan kuliah dan kembali membangun desanya. Namun hal ini tak semudah membalik telapak tangan.

Kehadiran gawai sebagai identitas globalisasi dan kemajuan teknologi mempercepat keluarnya mereka dari Galang. Berselancar ke rimba semesta digital tanpa bekal literasi digital yang kokoh. Jadilah mereka terjerumus pada dampak negatif gawai dan tak memiliki minat yang tinggi terhadap pelajaran di sekolah. Tak jarang sekolah mereka menjadi korban keliaran mereka dalam penggunaan gawai.

Aku mulai merasakan ini sebagai sebuah hal yang sangat mendesak harus diretas. Menjauhkan dan melarang mereka menggenggam gawai adalah mustahil, sebab itu identitas mereka. Akhirnya aku mencoba memanfaatkan gawai dan aplikasi di dalamnya untuk belajar Sosiologi. Salah satu aplikasi yang digunakan di kelas sosiologi adalah Canva. Aplikasi Canva digunakan guru untuk media ajar dan tugas siswa.

Ternyata mereka sangat menyukai dan merasa tertantang dengan media Canva Ceria. Waktu mereka banyak digunakan untuk mencoba berbagai tamplate Canva dalam tugas-tugas mereka. Mereka juga akhirnya dapat memanfaatkan aplikasi Canva untuk kebutuhan pribadi semisal mempromosikan dagangan online mereka. Gawai tak lagi menjadi hal yang menakutkan dan harus dihindari. Tapi Gawai menjadi sesuatu yang dapat dikuasai dan dimanfaatkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post