Fadlan Taufiqurrohman

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Dekadensi moral. Salah siapa?(peran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan)

Dekadensi moral. Salah siapa?(peran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan)

Dekadensi moral atau kemerosotan moral sudah berada di level bahaya. Mulai dari anak - anak sampai orang dewasa. Bobroknya moral ditandai dengan kejahatan - kejahatan yang sudah merajalela. Mulai dari pencurian, pembunuhan, bahkan pemerkosaan. Mirisnya kejahatan - kejahatan itu bukan hanya dilakukan oleh orang dewasa, akan tetapi anak - anak juga. Siapa yg harus kita salahkan?

Pemerkosaan, bully, begal adalah kejahatan - kejahatan fisik dan moral yg sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bagaimanakah cara penanggulangannya? Saya fikir pelajaran pancasila dan kewarganegaraan berperan aktif untuk mencegah hal tersebut bagi pelajar. Pemahaman dan mengaktualisasikan makna dan karakter dalam pendidikan kewarganegaraan akan menjadi satu cara untuk mencegah dekadensi moral, asalkan betul - betul di ajarkan dan diamalkan.

Bimbingan guru sangatlah penting bagi moral anak didik. Tapi dalam membimbing itu, diperlukan metode yang pas agar dapat difahami dan dimengerti oleh anak didik.lalu bagaimana bagi anak yang tidak sekolah? Pemerintah telah menerapkan sistem wajib belajar. Maka tidak ada alasan untuk tidak belajar. Maka diperlukan kerja sama antara pemerintah pusat sampai daerah serta orang tua untuk pencegahan dekadensi moral ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post