Faidah Setyaningsih

Teruslah menulis meskipun tidak ada orang yang membacanya....

Selengkapnya
Navigasi Web

Perempuan Single Parent itu Telah Berpulang

Siang itu, sekitar pukul 13:00 kubuka android. Mengecek pesan masuk di aplikasi WhatsApp. Sebuah japri dari seorang siswa mengagetkanku. Sebuah berita duka.

Pesan dikirim pukul 10:00. Baru kubuka 3 jam kemudian. Begitulah, saat berada di rumah, handphone lebih banyak kusimpan daripada kuaktifkan. Gara-gara si kecil bakal heboh melihat emaknya mainan pesawat canggih itu. Dia akan menyita hape orang tuanya seperti seorang murid yang ketahuan mainan hape saat guru menjelaskan di kelas. Tak berdaya.

Kabar duka dari seorang siswa tadi benar-benar membuatku tergugu. Membayangkan seorang wanita yang kukenal sepintas tapi terasa begitu akrab. Namanya saja aku tidak tahu. Aku menyapanya dengan panggilan Mbak karena usianya yang terpaut beberapa tahun di atasku. Dan dia memanggilku ibu karena aku pernah menjadi guru bagi anak lelakinya. Meski anak lelakinya memutuskan untuk tidak melanjutkan belajarnya di sekolah.

Setiap kali aku dan wanita single parent itu bertemu. Di toko. Di pasar. Atau di jalan. Dia selalu menyapa penuh keramahan. Kutanyakan kabar anaknya yang tak mau sekolah itu. Selalu dengan senyum dia ceritakan keluarganya. Meski kutahu pasti berat menahan beban hidup sendirian. Tanpa suami, ayah bagi anak-anak di sisinya. Membanting tulang untuk menghidupi dua buah hatinya yang sedang beranjak dewasa.

Sebuah kecelakaan telah mengantarkan dirinya menghadap Ilahi. Dalam perjalanan pulang menjenguk anak perempuannya yang belajar di pesantren. Tidak seperti biasanya, ketika perjalanan jauh dia diantar anak lelaki atau keponakannya. Hari itu dia mengendarai motor sendirian.

Selamat jalan Mba. Semoga Allah menempatkanmu pada tempat terbaik di sisi-Nya. Anak-anak masih membutuhkanmu. Tapi Tuhan lebih menyayangimu.

Sudut kamar, 2 November 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post