Faisal Riza Hasbullah

Asal dari Boyolali, Tinggal di Jayapura, Pamong Belajar BP PAUD DIKMAS PAPUA, Lulusan dari IAIN SURAKARTA, Pendidikan Agama Islam Diskusi : faisalriza92@gmail...

Selengkapnya
Navigasi Web
PENDIDIKAN DUAL KETERAMPILAN WIRAUSAHA BERBASIS KAMPUNG

PENDIDIKAN DUAL KETERAMPILAN WIRAUSAHA BERBASIS KAMPUNG

Pelatihan untuk meningkatkan keterampilan saat ini mendapatkan tantangan baru dari berkembangnya revolusi industry 4.0. Semakin dipahami keberadaan diri untuk mendapatkan pekerjaan tentu berbagai kebutuhan kerja akan semakin berkembang. Misalkan pekerjaan guru saat ini yang dibutuhkan bukan sekedar mampu mengajarkan dan mentransfer pengetahuan, sikap dan keterampilan. Akan tetapi lebih dari itu pendidik sebagai guru harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dan informasi komunikasi menggunakan gawai. Karena gawai sering mudah ditemui dimanapun baik ditingkat guru maupun peserta didik, sehingga kemampuan guru agar tidak ketinggalan dengan peserta didik.

Jika saat ini petani dihadapkan dengan dunia industry juga perlu memposisikan diri untuk mengetahui bahkan perlu meningkatkan keterampilan dalam menggunakan perkembangan jaman. Sebagai petani saat ingin memasarkan hasil pertanian dengan menggunakan gawai akan semakin mudah dikenal dan diakses oleh konsumen. Petani juga bisa meningkatkan produksi dengan mengakses media online dengan mencari informasi terbaru terkait pupuk maupun juga pembasmi hama agar tanaman bisa panen dengan baik.

Maka dari berbagai bentuk informasi tersebut bisa dipastikan disaat ini bagi warga menganggur maupun yang telah memiliki pekerjaan perlu mendapatkan informasi terbaru untuk menunjang keterampilan dan kemampuan. Bagi warga masyarakat yang masih menganggur disetiap-setiap kampong perlu didata ditingkat kampong atau desa agar kerahasiaan dan kevalidan data bisa didapatkan. Terkadang warga menganggur memiliki keengganan untuk didata jika informasi yang mengambil adalah orang yang tidak dikenali.

Sehingga sangat diharapkan oleh masyarakat adanya pendidikan yang sampai dengan selesai masih ada pendampingan yang tepat. Pendampingan yang dilakukan baik kepada unsur keterampilan berwirausaha maupun yang akan menyalurkan keterampilan kerja. Nantinya pasca peserta didik latih untuk menjadi alumni aktif berperan untuk mendapatkan informasi lanjutan dan juga memotivasi peserta didik lain menuju kepada kesuksesan berusaha sekaligus memiliki keterampilan kerja yang aplikatif.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Super Sekali Pak. SALAM LITERASI

28 Feb
Balas

terimakasih bapak. salam juga

28 Feb



search

New Post