FARIDAH,S.Pd.AUD

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Mandai kuliner kalimantan Selatan

Mandai kuliner kalimantan Selatan

@Pentigraf

# faridahspdaud.gurusiana.id

Sore ini saya masak oseng jamur tiram dan juga gorengan mandai tiwadak.Baunya yang harum saat digoreng tentu menerbitkan air liur saya.Seperti apakah kuliner mandai tiwadak itu? Mandai tiwadak adalah hasil permentasi atau semacam asinan kalau orang banjar menyebutnya jaruk tiwadak yang dihasilkan dari kulit cempadak masak bagian dalam yang ditaburi garam dan juga bawang merah,masukan dalam toples dan tutup rapat diberi air sedikit kemudian diamkan untuk beberapa hari baru bisa kita masak.

Bagi orang banjar mandai tiwadak tidak asing lagi karena sejak zaman dahulu orang banjar sudah memanfaatkan mandai sebagai lauk makan,disamping lauk utama seperti ikan,ayam,dan lain – lainnya.Buah cempadak ini hampir bermanfaat semua dari yang muda bisa disayur,dengan cara direbus dan bisa jadi lalapan.bisa juga dibuat sayur santan. Sedang cempedak masak bisa dibikin kue,selain bisa disantap secara langsung,bijinya juga bisa dibikin makanan bisa direbus dan dimakan atau diolah menjadi makanan lain.sedang kulit bagian dalam bisa dibikin mandai.

Wah betapa kayanya alam kita,terima kasih ya Allah atas karunia dan ciptaan Mu.Bahkan banyak suku lain di Kalimantan Selatan ini ikut mencicipi rasanya mandai,banyak yang suka walau ada juga yang merasa aneh karena belum terbiasa.Saya tidak tahu diprovinsi lain apakah juga ada kuliner mandai seperti kami? Kalau anda tertarik anda bisa membuatnya sendiri,Selamat mencoba..

Tanah Laut,Minggu 5 September 2021.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post