FARIDA S. Ag

Mengajar di MTsN 8 Padang Pariaman Alamat sungai Geringging Motto: hidup adalah perjuangan dan pengorbanan...

Selengkapnya
Navigasi Web

Dinasti Abbasiyah Membangun Peradaban Islam

Dinasti Abbasiyah Membangun Peradaban Islam

Tantangan hari ke 5

A. Latar belakang berdirinya Daulah Abbasiyah

Sejarah peradaban Islam menunjukkan bahwa Daulah Abbasiyah pernah berdiri dan berkembang memajukan peradaban Islam. Dinasti Abbasiyah berdiri sekitar tahun 750 M / 132 H sampai 1258 M/ 656 H.

Berdirinya Dinasti Abbasiyah karena di latar belakangi oleh rasa ketidak puasan terhadap pemerintah Dinasti Umayyah. Dinasti Umayyah mulai mengalami keruntuhan setelah berakhirnya kekuasaan Khalifah Hisyam bin Abdul Malik. Sepeninggal Hisyam tidak adalagi generasi penerus dikalangan Dinasti Umayyah yang kuat dan dapat mempertahankan pemerintahannya. Para generasinya terbiasa bergaya hidup mewah, sehingga ketika ada musuh yang ingin merongrong pemerintahannya, mereka tidak sanggup melawannya.

Disamping itu, Dinasti Umayyah juga mulai melemah disebabkan adanya pertikaian politik antara kelompok Arab Utara dengan Arab selatan. Dan Khalifah lebih banyak berpihak kepada kelompok Arab selatan yaitu Arab Yaman dan Suriah.

Dan penyebab langsung runtuhnya Dinasti Umayyah adalah munculnya kekuatan baru yang dipelopori oleh keturunan Abbas bin Abdul Muthalib. Mereka mendapat dukungan dari keluarga Bani Hasyim, kaum Syiah dan Mawal. Akhirnya Dinasti Umayyah mengalami keruntuhan tahun 75 M. Sejak runtuhnya Dinasti Umayyah, maka sejak itu berdirilah Daulah Abbasiyah, dengan pusat pemerintahannya di Bagdad.

Bersambung.....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang sangat bermanfaat, semoga sukses dan sehat selalu bersama keluarga tercinta

21 Jun
Balas



search

New Post