FARIDA S. Ag

Mengajar di MTsN 8 Padang Pariaman Alamat sungai Geringging Motto: hidup adalah perjuangan dan pengorbanan...

Selengkapnya
Navigasi Web

Khalifahur Rasyidin ke 3 ( Usman bin Affan )

Rangkuman materi SKI,

Kisah keteladanan Khalifaur Rasyidin

( Khalifah ke 3, Usman bin Affan)

Tantangan hari ke 2

Dia bernama Usman bin Affan bin Abi 'Ash bin Umayyah bin Abdul Syam bin Abdul Manaf. Dia berasal dari keturunan Bani Umayyah dan ia termasuk orang yang terkenal dan terpandang dari kalangan mereka. Ia dikenal sebagai seorang pedagang yang kaya raya, dermawan dan murah hati

Usman bin Affan adalah salah seorang sahabat yang termasuk kepada orang yang mula-mula masuk Islam. Usman bin Affan di juluki dengan Dzu An Nurain, artinya orang yang mempunyai dua cahaya. Karena Ia sahabat Nabi Muhammad SAW yang pernah menikahi dua putri Rasulullah. Yang pertama Ia menikah dengan Rukayyah. Setelah Rukayyah meninggal dunia, lalu Usman bin Affan dinikahkan dengan putri Rasulullah yang bernama Ummu Kalsum, yang sudah diceraikan oleh anak Abu Lahab yang bernama, Utbah bin Abu lahab.

Usman bin Affan memiliki sifat pemalu, lemah lembut dan dermawan.

Bukti dari kedermawanan Usman bin Affan adalah disaat umat Islam sangat kesulitan mendapatkan air pada peristiwa perang Tabuk, Usman bin Affan mampu membeli sumur yang dimiliki oleh seorang Yahudi yang ada di Madinah dengan harga dua kali lipat dari biasanya. Dan air itu dibagi-bagikan kepada seluruh penduduk kota Madinah secara gratis. Selain itu Usman juga menggunakan Harta kekayaannya untuk memperluas Mesjid Nabawi. Ia juga menyumbangkan tiga ratus ekor unta dan uang seribu dirham untuk mencukupi keperluan perlengkapan perang Tabuk. Karena kedermawanannya itu Usman bin Affan juga termasuk sahabat Nabi yang dijamin masuk surga.

Tapi sayang di akhir hayatnya Usman bin Affan mati terbunuh disaat ia sedang membaca Al Qur'an di rumahnya. Saat itu terjadi fitnah besar dan pertikaian dikalangan umat Islam. Hingga akhirnya Ia ditikam dari belakang, tetapi sampai saat ini tidak diketahui siapa pembunuhnya.

Bersambung......

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post