Faridawaty Dmk

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Mandiri

Mandiri

Setiap manusia dilahirkan dalam kondisi yang tidak berdaya. Dia akan bergantung pada orang-orang yang berada di lingkungannya,hingga batas waktu tertentu. Mandiri. Apakah siswa harus mandiri? Dengan kemandirian,siswa harus belajar dan berlatih dalam membuat rencana,memilih alternatif,membuat keputusan,bertindak sesuai keputusan sendiri,serta bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dilakukannya.

Menjadi mandiri bukan berarti tidak membutuhkan orang lain,hanya saja tidak menggantungkan semua urusan kita kepada orang lain. Kita sendirilah yang membuat keputusan terhadap semua urusan kita. Kita bukan hasil fotocopy,kita adalah diri kita sendiri.

Seperti hari ini,sebagai petugas piket harian di sekolah berkeliling mengitari kelas-kelas mengamankan mereka supaya tertib menunggu guru, karena hujan turun sangat deras di kota ku. Sudah pasti banyak guru yang terlambat hadir untuk bertugas.

Ketika aku melewati satu kelas, suasananya diam,tentram. Ada apa gerangan? Penasaran. Ku masuki kelas itu,tidak ada guru,tetapi mereka belajar sendiri,ada yang membaca dan mengerjakan PR yang belum selesai.

Nah,dari sinilah kupahami bahwa kemandirian siswa di kelas itu sudah mulai tampak. Tanpa ada guru,mereka bisa melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. Ku puji mereka dengan kemandiriannya,dan memberi dukungan dengan apa yang telah mereka lakukan,agar mereka memperoleh kekuatan,energi dan gairah untuk menjalani hidup,serta mandiri dalam menentukan sikap.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah, selamat bu

15 Feb
Balas

Tksh buu..sdh mampir..sukses selaluuu

15 Feb

Alhamdulillah.. mantap!

15 Feb
Balas

Tksh ibuu

15 Feb

Mantul buk

15 Feb
Balas

Tksh buu

15 Feb



search

New Post