Fariq

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Workshop Kepenulisan dan Pembentukan IPP
Menulis Itu Mudah

Workshop Kepenulisan dan Pembentukan IPP

GLS_Pamekasan, 26 Oktober 2022 lagi-lagi Disdikbud Pamekasan mengambil langkah inovatif dan strategis dalam rangka meningkatkan literasi murid dan guru di wilayah Kab. Pamekasan. Langkah yang diambil adalah dengan pengadaan workshop Kepenulisan dan Pembentukan Ikatan Pendidikan Penulis.

Workshop yang diadakan di GOR larangan ini diikuti oleh guru-guru dari tiga kecamatan, di antaranya Pakong, Kadur, dan Larangan. Antusiasme peserta sangat terasa. Terlihat dari jumlah kursi yang disediakan penuh terisi oleh guru perwakilan dari masing-masing kecamatan. Bahkan dari kecamatan larangan sampai over kuota.

Susunan acara dikemas sederhana namun tidak mengurangi kebermaknaan dan efektivitas acara. Pembukaan, materi satu, materi dua, latihan kepenulisan dan doa terlaksana secara sistematis.

Workshop dimulai tepat pada pukul 07.30 WIB sebagai bentuk disiplin waktu pelaksanaan. Zainal Fatah, Pengawas sekaligus Korwil kec. Pakong membuka acara dengan diawali pembacaan basmalah. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan " Bu Matus selaku Kabid menggencarkan gerakan literasi ini karena Raport pendidikan kab. Pamekasan disinyalir merah. kompetensi literasinya sangat rendah"

Seperti biasa, sepasang sejoli Syaiful Rizal dan Tri Suliastini menjadi narasumber pada workshop kali ini. Dengan kemampuan dan kapasitas nya, Disdikbud kab. Pamekasan mempercayai beliau berdua. Hal itu memang sudah tidak bisa dipungkiri.

Pada materi pertama, Tri Suliastini mengisi dengan membangkitkan motivasi para peserta dalam menulis. Beliau menyampaikan, " menulislah jika kamu ingin dikenang". Di samping itu, beliau juga menambahkan salah satu petuah Imam Gazali yang berisi; Jika kamu bukan anak seorang raja maka menulislah. Beliau menutup materinya dengan mengatakan, "Jadikan menulis sebagai perantara kebaikan dan menginspirasi". ternyata, setelah menyimak penyampaian nya, menulis itu terasa mudah.

Pada materi kedua, Syaiful Rizal kebagian materi tentang bagaimana cara membuat Reportase. Beliau mengawali dengan menceritakan pengalamannya dalam membuat reportase terkait keberhasilannya mengantarkan muridnya juara catur Nasional. disela mengisi materi, beliau membuat tulisan berupa kolom tentang fasilitas olahraga yang ada di GOR larangan tersebut.

Dibagian akhir, peserta workshop diberikan kesempatan untuk berlatih membuat reportase dan kolom hingga selesai. Hasil reportase dan kolom yang dibuat oleh peserta diupload pada blog mediaguru gurusiana.id. keren!!!!!

Demikian reportase kegiatan workshop Kepenulisan dan Pembentukan IPP korwilcambidikbud Pakong, Kadur, Larangan. Alhamdulillah berjalan lancar.

Reporter: Fariq Alfarisi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren mon guru se settong riya cocok lakar guru penggerak tugas msh proses wes upload aja nih mantap

26 Oct
Balas

Keren mon guru se settong riya cocok lakar guru penggerak tugas msh proses wes upload aja nih mantap

26 Oct
Balas

Belajar dari jenengan. Beri masukan ya

26 Oct

Belajar dari jenengan. Beri masukan ya

26 Oct



search

New Post