fataty maulidiyah

Nama lengkap fataty maulidiyah. Guru di MAN 2 mojokerto. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sukses Personal Branding dan Manfaatnya
Personal Branding di Portal Kemenag Jatim

Sukses Personal Branding dan Manfaatnya

*Sukses Personal Branding dan Manfaatnya*

(Tantangan Menulis Hari ke-4)

Oleh: Fatatik Maulidiyah

Di era media sosial saat ini setiap orang melakukan personal branding dengan berbagai cara. Personal branding yang mereka angkat di publik bisa berkaitan dengan bisnis, jabatan, pekerjaan, maupun profesinya. Bisa juga brand, produk, dan lain sebagainya. Enaknya di era media sosial saat ini “panggung’ personal branding dengan mudah didapat. Kita bisa menggunakan platform media sosial yang kita punya seperti FB, TikTok, Youtube, IG, dan lain sebagainya. Pendek kata, portofolio diri kita dapat diakses banyak orang melalui Media Sosial.

Saya pribadi memilih sosial media dan media online sebagai panggung personal branding . Karena saya ingin diidentifikasi sebagai seorang penulis, maka yang saya citrakan adalah karya-karya saya, juga kegiatan saya sebagai guru MAN 2 Mojokerto. Adapun postingan lainnya hanya sebagai bentuk komunikasi dan bersosial dengan orang lain yang belum saya kenal maupun yang sudah.

Sekitar tahun 2020 saya fokus menulis di Media Online. Apapun saya lakukan agar tulisan saya bisa menembus media online dengan tujuan meninggalkan jejak digital karya juga sebagai portofolio literasi saya. Tentunya dengan cara yang sah dan halal. Bahkan karya saya berupa e-Book, Laporan Best Practice, dan PTK saya ubah formatnya dalam bentuk pdf online via Flipbook, atau Anyflip agar bisa diakses orang. Walhasil ada beberapa jurnal dari perguruan tinggi menjadikan salah satu artikel saya sebagai referensi.

Personal branding media online yang intens saya lakukan sejak Oktober 2020 menuai hasil. Jika saya memperkenalkan diri, saya cukup mengarahkan orang untuk Googling menggunakan nama saya (FATATIK MAULIDIYAH) dan jejak kiprah saya terpampang nyata di sana. Adapun beberapa manfaat menaikkan citra diri antara lain sebagai berikut :

1. *Sebagai Differensiasi diri*. Kita harus menjadi menonjol di tengah keramaian. Berbeda dengan pesaing, unik, dan mampu menarik perhatian audiens. Jika kita ingin mencitrakan diri sebagai seorang yang cantik, kita perlu selfi sesering mungkin. Kalau ingin karya kita dinikmati orang berarti sering-sering membagikan karya, demikian seterusnya. Sebagaimana bunyi hadis, “Setiap amal bergantung niatnya”.

2. *Meningkatkan kepercayaan diri*. Ketika orang lain merasa tahu siapa kita, dan apa yang kita tawarkan, kepercayaan akan terbangun. Personal branding sangat kuat menciptakan hubungan lebih erat dengan audiens, dan memberikan kepercayaan dan penegasan profesi kita.

3. *Effective Networking*. Personal Branding memudahkan proses jejaring. Ketika orang mengenali dan mengingat kita, koneksi semakin mudah dibangun. Hal ini dapat membantu membangun kerjasama kolaboratif, menawarkan peluang bisnis, dan sekadar memberi informasi yang berharga.

4. *Personal Branding bisa memberikan dampak positif pada orang lain*. Ketika kita membagikan pengalaman dan pengetahuan hal ini akan menjadi informasi dan motivasi bagi orang lain.

Adapun beberapa hal langkah-langkah sukses personal branding di era digital saat ini adalah sebagai berikut :

1. *Kenali diri kita*. Kita harus mengenali dan mampu mengidentifikasi nilai-nilai pada diri kita. Apa keahlian, profesi, dan keunikan kita. Mengenali diri merupakan langkah awal yang krusial untuk membangun personal branding yang otentik.

2. *Pilih platform media yang tepat*. Jangan memakai semua platform. Pilihlah yang paling efektif yang bisa membantu kita untuk mencapai target audiens yang diinginkan. Saya pribadi memilih FB karena mampu mengakomodasi banyak tulisan dan foto dalam jumlah besar.

3. *Interaksi aktif*. Dalam bermedia social kita harus interaktif. Memberikan balasan, menyukai postingan follower kita, dan lain sebagainya.

4. *Visual identitas yang konsisten*. Buatlah foto profil yang memudahkan orang lain mengingat. Termasuk jangan terlalu sering ganti profil. Manfaatnya adalah audiens mengingat kita dan membangun citra yang kokoh.

5. *Evaluasi dan perbarui*. Secara berkala, lakukan evaluasi personal branding kita. Perbarui strategi jika diperlukan berdasarkan respon dan perkembangan trend.

Dengan melakukan personal branding yang tepat, kita bisa melakukan citra diri yang kuat dan positif. Citra diri yang baik bukan hanya soal popularitas, tetapi tentang berbagi inspirasi, dan motivasi yang berdampak dan membawa manfaat yang baik bagi orang lain.**^

Mojokerto, 4 Februari 2024

08.10.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

04 Feb
Balas

Terima kasih Bu Rismalasari. Salam kenal..

04 Feb

Mantap

04 Feb
Balas

Terima kasih, Pak Sandiwara.Salam kenal

04 Feb

Terima kasih, Pak Sandiwara.Salam kenal

04 Feb

Terima kasih, Pak Sandiwara.Salam kenal

04 Feb

Sama Sama Bu Tati

06 Feb
Balas



search

New Post