Fathoyah, S.Pd.SD

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Lezatnya Ikan Bakar #29

Lezatnya Ikan Bakar #29

Lezatnya Ikan Bakar

Ikan, mengingatkanku waktu aku masih kecil. Saat itu ikan sangat banyak. Di bawah pohon padi yang baru di panen apalagi di parit-parit kecil diantara pematang sawah.

Setiap pulang sekolah aku bersama teman-temanku nggak pernah absen mencari ikan. Pernah aku dapat ikan gabus yang sangat besar. Aku sampai gemetar dapat ikan sebesar tangan orang dewasa. Tangan kecilku sampai tidak muat memegangnya. Eehhhh... lepas deh. Kenangan itu sampai kebawa mimpi. Ikan gabus itu selalu ada dalam anganku.

Oh ya sampai lupa mau bakar ikan. Ikan bakar sangat lezat. Lebih gurih dibandingkan ikan yang digoreng. Apalagi yang dibakar ikan laut, seperti ikan kakap, ikan kuwe, ikan ekor kuning, ikan baronang, ikan mubarak hitam.

Ikan air tawar yang lezat dibakar diantaranya ikan mas, ikan nila, ikan gurame, dan ikan bawal.

Ikan yang sudah dibersihkan, diberi perasan jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan bau amis.

Ikan bakar banyak jenisnya. Sda yang langsung diberi bumbu. Ada juga yang dibakar dulu baru diberi bumbu.

Tergantung selera masing-masing penggemar ikan bakar.

Kalau aku suka dua-duanya.

Ikan kuwe cocok untuk dibakar bumbu. Siapkan cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, jahe, dankunyit. Setelah bumbu halus langsung dilumurkan ke tubuh ikan. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang. Ikan kuwe siap dibakar.

Bau harum sudah menyengat hidung. Ambil nasi hangat, tumis kangkung. Wao,... luar biasa nikmatnya.

Ikan bakar yang tidak pakai bumbu, cukup dengan melumuri tubuh ikan dengan jeruk nipis dan garam. Setelah di atas tempat pembakaran tubuh ikan diberi sedikit minyak goreng. Balik tubuh ikna setelah hampir matsng

Olesi lagi dengan minyak goreng.

Setelah matang sempurna, aroma wangi ikan akan menusuk hidung kita.

Sambal mentah sangat cocok untuk ikan bakar.

Iris tomat dadu kecil, iris bawang merah dadu kecil, cabe rawit sesuai selera banyaknya, iris daun kemangi. Masukkan dalam mangkuk, tambah garam, sedikit air, fan perasan jeruk nipis.

Siapkan ikan bakar di atas piring, guyur dengan sambal mentah yang telah dibuat.

Ao, ao, ao ... wanginya. Sudah siapkah nasi hangat, lalapan, atau tumis kangkung.

Serbuuuuuuu....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Jadi lapar bacanya, Bun. He

13 Feb
Balas

He he tks buAyo kita makan

13 Feb

Ayo bu kita makanmakan

13 Feb
Balas

Ha ha ... ayo bu yola diuwek2 campur sambalnya...ngenah pisan

13 Feb



search

New Post