Fatmalini

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran Kreatif dan Interaktif Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Materi Mengenal Vid

Pembelajaran Kreatif dan Interaktif Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Materi Mengenal Vid

A. PERENCANAAN

Dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengenalkan materi video animasi, sangat penting untuk menciptakan suasana belajar yang kreatif dan interaktif. Salah satu cara yang efektif adalah dengan memanfaatkan aplikasi game edukatif seperti Quizizz. Quizizz memungkinkan peserta didik untuk belajar dengan metode kuis yang menyenangkan dan kompetitif, sehingga dapat menumbuhkan minat peserta didik dalam memahami materi. Melalui pendekatan ini, peserta didik tidak hanya mempelajari konsep dasar video animasi tetapi juga dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Dalam perencanaan pembelajaran ini, guru akan menyusun beberapa tahap kegiatan. Tahap pertama adalah pengenalan materi mengenai dasar-dasar video animasi. Pada tahap ini, guru akan menjelaskan konsep-konsep penting seperti jenis-jenis animasi, elemen dasar pembuatan animasi, dan aplikasi animasi sederhana. Setelah itu, guru akan membuat soal-soal kuis di Quizizz yang berkaitan dengan materi yang telah dijelaskan. Soal-soal tersebut dirancang tidak hanya untuk menguji pemahaman peserta didik, tetapi juga untuk mendorong mereka berpikir kreatif dalam menerapkan konsep-konsep tersebut.

Tahap selanjutnya adalah pelaksanaan kuis menggunakan Quizizz sebagai media interaktif. Peserta didik mengerjakan kuis secara berkelompok atau individu, dengan waktu yang terbatas untuk menjawab setiap pertanyaan. Kegiatan ini dirancang agar peserta didik tetap fokus dan termotivasi untuk menyelesaikan kuis dengan baik. Selain itu, fitur Quizizz yang menampilkan skor dan peringkat dapat mendorong kompetisi sehat antar peserta didik, sehingga mereka semakin tertarik dan aktif dalam pembelajaran. Diharapkan, melalui kegiatan ini, peserta didik tidak hanya memahami materi video animasi dengan baik, tetapi juga ikut terlibat dan terinspirasi untuk lebih kreatif dalam setiap pembelajaran

B. PELAKSANAAN

Tahap-tahap pelaksanaan pembelajaran kreatif dan interaktif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik pada materi mengenal video animasi melalui Game Quizizz" adalah sebagai berikut:

1. Guru menyampaikan konsep-konsep penting seperti pengertian animasi, jenis-jenis animasi, serta elemen-elemen dasar dalam pembuatan animasi. Pada tahap ini, guru menggunakan media visual atau video singkat untuk memberikan gambaran yang jelas tentang animasi. Peserta didik diajak berdiskusi dan diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang disampaikan, sehingga mereka dapat memahami dasar-dasar animasi dengan lebih baik.

2. Guru kemudian mengajak peserta didik untuk berpartisipasi dalam kuis interaktif menggunakan aplikasi Quizizz. Kuis ini berisi berbagai pertanyaan yang dirancang untuk menguji pemahaman peserta didik mengenai materi yang telah disampaikan. Guru memberikan kode kuis kepada peserta didik, kemudia peserta didik mengakses aplikasi Quizizz dengan tabnya masing-masing. Peserta didik akan bersaing menjawab pertanyaan dengan waktu yang terbatas, sehingga mereka tetap fokus dan termotivasi. Dengan fitur real-time yang menunjukkan skor dan peringkat, suasana kelas menjadi lebih hidup, dan peserta didik pun terdorong untuk berkompetisi secara sehat.

3. Guru mengadakan sesi refleksi dan umpan balik. Guru akan menampilkan hasil kuis, membahas setiap pertanyaan, serta menjelaskan kembali konsep-konsep yang mungkin masih belum dipahami oleh peserta didik. Guru juga memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah aktif dan berpartisipasi dengan baik. Kegiatan ini ditutup dengan kesimpulan dan diskusi mengenai manfaat dari mengenal video animasi, sehingga peserta didik tidak hanya mengingat materi yang dipelajari tetapi juga semakin tertarik dan terinspirasi untuk memahami lebih dalam tentang video animasi. Melalui metode kreatif dan interaktif ini, diharapkan peserta didik menjadi lebih aktif, terlibat, dan termotivasi dalam semua proses pembelajaran.

C. VISUAL HASIL

Visual Hasil dari pelaksanaan "Pembelajaran Kreatif dan Interaktif: Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Materi Mengenal Video Animasi melalui Game Quizizz" adalah sebagai berikut:

1. Antusiasme peserta didik selama mengikuti kegiatan. Peserta didik tampak fokus dan bersemangat ketika mengikuti kuis di Quizizz, terlihat dari ekspresi wajah mereka saat melihat skor dan peringkat. Tampilan grafis interaktif pada layar, seperti efek suara dan animasi skor yang berubah secara real-time, membuat suasana kelas menjadi lebih hidup. Peserta didik yang biasanya pasif tampak lebih aktif.

2. Dari tampilan grafik hasil Quizizz, terlihat bahwa sebagian besar peserta didik berhasil menjawab sebagian besar pertanyaan dengan benar, dimana menunjukkan pemahaman yang baik. Di sisi lain, ada juga soal-soal yang jawabannya kurang tepat oleh beberapa peserta didik, yang memberikan petunjuk kepada guru mengenai bagian materi yang perlu diperjelas lebih lanjut. Grafik dan statistik yang dihasilkan oleh Quizizz memberikan guru gambaran visual yang jelas mengenai pemahaman siswa secara keseluruhan, sehingga dapat menjadi dasar untuk perbaikan pembelajaran berikutnya.

Hasil visual dari pembelajaran ini menjadi bukti bahwa pendekatan kreatif dan interaktif dapat meningkatkan motivasi, keaktifan, dan pemahaman peserta didik terhadap materi.

Foto2 kegiatan peserta didik menggunakan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran

D. Tindak Lanjut

Guru melakukan tindak lanjut dari hasil kegiatan peserta didik adalah dengan cara sebagai berikut:

1. Penugasan proyek

Guru memberikan penugasan kepada peserta didik dalam bentuk proyek pembuatan video animasi sederhana. Dalam proyek ini, peserta didik dikelompokkan dan diminta untuk membuat video animasi pendek yang menggabungkan konsep-konsep dasar yang telah dipelajari, seperti jenis animasi dan elemen dasar animasi. Dengan adanya proyek ini, peserta didik dapat langsung mempraktikkan pengetahuan mereka dan mengembangkan kreativitas dalam membuat karya video animasi sederhana.

2. Presentasi hasil projek

Guru merancang sesi presentasi di mana setiap kelompok menampilkan hasil video animasi mereka di depan kelas. Sesi ini tidak hanya melatih kemampuan presentasi peserta didik, tetapi juga membuka ruang untuk berdiskusi dan saling memberikan masukan antar kelompok. Guru juga dapat mengajak peserta didik lain untuk memberikan penilaian atau komentar secara konstruktif terhadap video animasi yang ditampilkan, sehingga tercipta suasana kolaboratif yang mendorong semangat belajar dan saling mendukung di antara peserta didik.

3. Review dan Evaluasi

Sebagai bentuk evaluasi dan refleksi di akhir pembelajaran, guru memberikan kuis lanjutan di Quizizz untuk menguji pemahaman lebih dalam mengenai konsep animasi yang sudah dipelajari selama proyek berlangsung. Kuis ini mencakup pertanyaan tentang tantangan dan pembelajaran yang mereka alami selama proses pembuatan video animasi. Dengan langkah ini, peserta didik tidak hanya menguatkan pemahaman mereka, tetapi juga mendapatkan kesempatan untuk merefleksikan proses belajar yang telah mereka lalui.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post