Fatmawati

Fatmawati, M.Pd. guru SMP Negeri 1 Kedawung , Jln. Cideng Jaya no. 299 Kertawinangun Kec. Kedawung Kab. Cirebon Jawa Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web

REVIUW KONTEN rumahbelajar.id

REVIUW 1

NAMA KONTEN:

BADAN PENGEMBANGAN BAHASA DAN PERBUKUAN

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Oleh Fatmawati, M.Pd,

Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan merupakan salah satu konten dari sepuluh konten yang ada pada web.rumahbelajar.id. Sembilan konten lainnya adalah Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, SEAMEO BIOTROP, SEAMEO SEAMOLEC, Direkrorat Sejarah, Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan Yogyakarta, Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan, Direktorat Pelestarian Cgar Budaya dan Permuseuman, dan Direkorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan.

Mengapa saya memilih konten ini. Selain karena sangat erat kaitan dengan profesi yang saya geluti. Sebagai seorang guru memang tidak pernah jauh dari buku, terlebih guru bidang studi Bahasa Indonesia, ini sangat berkaitan. Juga karena rasa penasaran dengan isi konten yang begitu banyak.

Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan yang mulai dibuka sejak 6 Juni 2019 ini, memuat 594 sumber daya pendidikan. Sumber daya pendidikan yang pertama dirilis adalah berbahasa Inggeris, ini ada sekitar 115 judul, sebagian besar termasuk jenis fiksi. Beberapa di antara merupakan hasil terjemahan dari judul yang sudah ada. Selain itu, terdapat beberapa sumber daya pendidikan hasil Seleksi Penulisan Cerita Rakyat Tahun 2016, dari seluruh nusantara.

Konten ini tidak hanya memuat cerita fiksi(dongeng, cerita rakyat, cerpen, cerita anak, hikayat, kisah raja-raja, legenda rakyat dari berbagai daerah, dll.) saja, tetapi juga terdapat materi Pendukung Literasi dari berbagai dimensi, Pedoman Umum, Petunjuk Teknik berbagai bidang, Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia berbagai materi, Seri Pendidikan Orang Tua, Seri Manual GLS, Bahan Ajar berbagai bahasa asing (RUSIA, JERMAN, BELANDA, KOREA). Selain itu, juga bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk penutur bahasa asing.

Konten yang ditawarkan oleh rumahbelajar.id. ini, sudah sangat lengkap. Di sini kita dapat membuka bahkan mendownload dengan sangat mudah dan cepat berbagai sumber. Memuat beberapa Vedio Panduan Praktis, Simulasi UKBI, dan juga Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring berbagai versi.

Untuk pengembangan konten ini ke depan akan lebih baik lagi jika dilengkapi dengan aplikasi yang memudahkan pencarian sumber yang dibutuhkan . Selain itu, penataan sumber pendidikan berdasarkan level tingkat keterbacaannya juga akan membantu pengunjung memanfaatkan web ini dengan sebaik baiknya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post