febry suprapto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Lebih Rendah Dari Hewan

Lebih Rendah Dari Hewan

Pagi ini saya membaca buku 365 Renungan Harian Al-Quran karya Prof. Dr. Muhammad Chirzin. Beliau adalah Guru Besar Tafsir Al-Quran. Sesuai judul buku itu, saya membaca ayat renungan hari ini, 9 Maret.

Ayat yang dibahas adalah Surat Al-A'raf [7]: 179.

_"Dan sungguh, akan Kami isi neraka Jahanam banyak dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengarkan (ayat-ayat Allah). Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai."_

Hati (akal), mata, dan telinga disebut dengan jelas. Ketika ketiganya tidak difungsikan untuk memahami, melihat, dan mendengar ayat-ayat (tanda-tanda) kekuasaan Allah, maka kerugian yang didapat, yaitu menjadi isi neraka jahanam.

Kemudian, orang-orang tersebut disifati seperti hewan bahkan lebih sesat dari hewan. Derajatnya yang mulia, jatuh lebih rendah dari hewan meski dalam kehidupan sehari-hari dia dimuliakan oleh kebanyakan orang. _Na'udzu billahi min dzalik_

Jujur, saya merinding membaca ayat ini. Ada rasa takut yang menyusup ke batin. Bagaimana dengan Anda?

Bondowoso, 09032021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

09 Mar
Balas

Terima kasih, Pak. Salam literasi!

09 Mar

Semoga kita tak termasuk golongan umat yang lalai. Aamiiin

09 Mar
Balas



search

New Post