Ferasusanti Spd

Guru bahasa Inggris MTsN 3 Pasaman Barat, Sumatera Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tradisi Bulan Rajab

Tradisi Bulan Rajab

Tradisi Bulan Rajab

Masyarakat Pasaman khususnya Lubuk Sikaping memiliki tradisi unik di bulan Rajab ini. Mereka menyebut bulan apam. Apam adalah sejenis serabi.

 

Pada bulan Rajab tiap rumah akan bergantian membuat apam. Setelah apam matanv maka akan diantarkan ke rumah sanak saudara dan tetangga.

 

Tujuan dibagikan itu adalah sebagai sedekah. Sedekah yang mereka niat untuk kanak-kanak yang telah berpulang ke Rahmatullah. Konon katanya pada bulan Rajab arwah kanak-kanak itu pulang ke rumah mereka. Minta didoakan oleh orang tua dan sanak saudara. Sehingga niat berbagi itu diniatkan sebagai hadiah doa untuk yang telah tiada.

 

Dulunya sesudah membuat apam maka malamnya diadakan doa bersama seluruh anggota keluarga dengan mengundang  orang Siak atau Garin . 

 

Apam adalah penganan yang terbuat dari tepung beras dan santan dengan sedikit garam dan pengembang. Di masak di kuali besi. Biasanya kuali besi yang berukuran kecil. Lalu dijerangkan di tunggu kayu menggunakan sabut kelapa atau daun kelapa tua. Sehingga apinya kecil dan tidak cepat hangus.

 

Apam disajikan dengan kuah. Kuahnya terbuat dari santan yg dimasak dengan gula merah dan daun pandan. Sehingga sangat wangi dan menggoda selera. 

 

Sekarang adalah bulan apam. Maka tiap hari bisa menikmati apam yang dihantar oleh para kerabat.

#tantangangurusiana

#day1

 

Pasbar 2 Maret 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah, lamak lo mah cik gu bisa makan apam tiok hari...hehehe

02 Mar
Balas

Lai ado qpam Tu ra

02 Mar
Balas

Lai ado qpam Tu ra

02 Mar
Balas

Lai ado qpam Tu ra

02 Mar
Balas



search

New Post