Feri Fren, S Pd.MM

Feri Fren, S.Pd.MM (Widyaiswara LPMP Sumatera Barat) Lahir di Sintang pada tanggal 23 Maret 1969. Alumni IKIP Padang Jurusan Fisika Tahun 1991. Melanjutkan pen...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru Penggerak dalam Merdeka Belajar

Guru Penggerak dalam Merdeka Belajar

Guru Penggerak dalam Merdeka Belajar

Oleh : Feri Fren, S.Pd.MM (Widyaiswara LPMP Sumbar)

Pendidikan adalah tempat persemaian benih-benih kebudayaan dalam masyarakat sebagaimana yang dikemukakan oleh tokoh pendidikan kita di Indonesia Ki Hajar Dewantara.

Dalam mengimplementasikannya, Pemerintah Republik Indonesia fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengelola pendidikan tersebut.

Salah satunya melalui pengembangan rangkaian kebijakan Merdeka Belajar. Kebijakan ini dicetuskan sebagai langkah awal melakukan lompatan di bidang pendidikan. Tujuannya adalah untuk mengubah pola pikir publik dan pemangku kepentingan pendidikan menjadi komunitas penggerak pendidikan.

Filosofi “Merdeka Belajar” disarikan dari asas penciptaan manusia yang merdeka memilih jalan hidupnya dengan bekal akal, hati, dan jasad sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa. Merdeka belajar dimaknai dalam bentuk kemerdekaan belajar yang memberikan kesempatan bagi semua peserta didik untuk bisa belajar senyaman mungkin dalam suasana bahagia tanpa adanya tekanan.

Disisi lain guru-guru harus bisa pula mencirikan lima karakter dalam melaksanakan tugas kesehariannya dalam bentuk memiliki jiwa nasionalisme Indonesia, memiliki nalar yang baik, bersifat sebagai seorang pembelajar dengan semangat pantang menyerah, professional dalam melaksanakan tugas, serta berorientasi pada peserta didik.

Berbagai kebijakan dan program sedang diupayakan pemerintah untuk hal tersebut. Keterlibatan berbagai pihak menjadi sebuah ekosistem pendidikan yang bergerak dan bersinergi dalam satu pola pikir yang sama antara masyarakat, satuan pendidikan, dan pemangku kebijakan. Program tersebut dinamakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) yang sejatinya mengembangkan pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan guru sebagai bagian dari Kebijakan Merdeka Belajar melalui pendidikan guru.

PGP merupakan kegiatan pengembangan profesi melalui pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik; aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.

Profil pelajar Pancasila yang dimaksud adalah peserta didik yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, kreatif, gotong royong, berkebinekaan tunggal, bernalar kritis, serta mandiri.

PGP didesain untuk mendukung hasil belajar yang implementatif berbasis lapangan dengan menggunakan pendekatan andragogi dan blended learning selama sembilan bulan. Kegiatan PGP dilaksanakan menggunakan metode pelatihan dalam jaringan (daring), lokakarya, dan pendampingan individu. Proporsi kegiatan terdiri atas 70% belajar di tempat bekerja (on-the-job training), 20% belajar bersama rekan sejawat, dan 10% belajar bersama narasumber, fasilitator, dan pendamping.

Pembelajaran daring berlangsung selama 6 bulan dengan 3 paket modul yang wajib dipelajari oleh Calon Guru Penggerak. Pendampingan terdiri dari lokakarya dan pendampingan individu yang akan dilaksanakan setiap bulan selama 9 bulan. Dengan adanya program guru penggerak diharapkan kemerdekaan belajar bagi peserta didik akan segera terwujud.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya pak. Salam sukses.

07 Feb
Balas



search

New Post