Feri Nata

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Polisi Tercepat di Dunia
AFP dalam http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20170328152857-384-203225/bugatti-veyron-buat-polisi-dubai-jadi-tercepat-di-dunia/

Polisi Tercepat di Dunia

Polisi harus gesit dalam bertugas. Mereka harus jago lari. Namun, bukan kemampuan lari yang menjadikan polisi Dubai sebagai polisi tercepat di dunia. Mereka berhutang pada Bugatti Veryon, jet darat yang dipakai sebagai mobil patroli mereka. Kisah lengkapnya dapat kita baca dalam liputan cnnindonesia.com berikut: http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20170328152857-384-203225/bugatti-veyron-buat-polisi-dubai-jadi-tercepat-di-dunia/.

Bagaimanakah gelar tersebut didapatkan oleh polisi Dubai? Tentunya dengan membandingkan kecepatan Bugatti Veryon yang mereka gunakan dengan kecepatan mobil-mobil yang digunakan oleh kepolisian lain. Kecepatan merupakan ukuran seberapa jauh suatu objek berpindah dalam suatu waktu tertentu. Ukuran waktu yang umum digunakan dalam bahasa sehari-hari adalah 1 jam. Artinya, Bugatti Veryon dapat berpindah sejauh 407 km dalam waktu satu jam. Bukankah ini luar biasa. Bayangkan bahwa jarak Jakarta-Bandung saja hanya sekitar 155 km. Anggap saja ada satu jalur bebas hambatan dari Jakarta menuju Bandung, kita dapat mencapai Bandung dari Jakarta hanya dalam waktu 155/407 jam atau 23 menit. Berikut perhitungannya:

407 km ditempuh dalam waktu 1 jam

155 km ditempuh dalam waktu 155/407 jam = 0,38 jam = 23 menit

Kecepatan maksimum Bugatti Veryon memang mencengangkan. Namun, akselerasinya tak kalah mencengangkan. Dari keadaan diam (kecepatan nol), mobil ini mampu mencapai kecepatan 97 km/jam hanya dalam waktu 2,5 detik. Jika setiap detik kecepatannya bertambah sama besar maka dalam 1 detik, kecepatan Bugatti Veryon dapat bertambah sebesar 38,8 km/jam. Berikut perhitungannya:

2,5 detik kecepatan bertambah 97 km/jam (dari nol menjadi 97 km/jam)

1 detik kecepatan bertambah 97/2,5 km/jam = 38,8 km/jam

Besar pertambahan kecepatan dalam 1 detik ini dikenal dengan istilah akselerasi atau percepatan. Mobil Bugatti Veryon hanya perlu 10,49 detik untuk dipercepat sampai kecepatan maksimum dari keadaan diam. Berikut perhitungannya:

38,8 km/jam dicapai dalam waktu 1 detik

407 km/jam dicapai dalam waktu 407/38,8 detik = 10,49 detik

Ketangguhan Bugatti Veryon ini tentunya dihasilkan dari mesinnya yang luar biasa. Mesin 16 silindernya mampu menghasilkan daya 1000 horsepower, kira-kira sama dengan daya dari 1000 unit AC 1 pk. Daya sebesar itu tentunya akan menyebabkan mobil ini boros bensin. Itulah sebabnya, polisi Dubai dapat menjadi polisi tercepat di dunia. Namun, ternyata mobil Bugatti Veryon bukan mobil tercepat di dunia. Masih ada Hennessey Venom GT yang mampu mencapai 427 km/jam. Jika digunakan tanpa hambatan dari Jakarta sampai Bandung, dapatkah Anda menghitung waktu yang dibutuhkan Hennessey Venom GT?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post