Fida Pangesti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
FKIP UMM Perkuat Jejaring Internasional ke Hongkong dan Macau

FKIP UMM Perkuat Jejaring Internasional ke Hongkong dan Macau

Delegasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjalankan misi strategis dalam serangkaian kunjungan ke Hongkong dan Macau, 22—25 Februari 2024.

Mengawali kunjungan di Negeri Mutiara dari Timur, tim yang terdiri dari Wakil Rektor IV UMM, Dekanat FKIP UMM, dan Struktural Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) FKIP UMM mengunjungi Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hongkong. Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk membuka perluang kerjasama luar negeri dengan perguruan tinggi di Hongkong dalam rangka mencapai milestone rekognisi internasional FKIP UMM.

Rombongan diterima oleh Consul KJRI, Yul Edison. Dalam sambutannya, Yul Edison mengatakan menyambut baik kedatangan FKIP UMM untuk mengembangkan kolaborasi kegiatan akademik di Hongkong. “KJRI dengan senang hati akan mensupport penuh kegiatan yang akan dilakukan di Hongkong. Kami siap membantu dan memfasilitasi universitas untuk ‘go international’ karena itu adalah salah satu tugas penting kami,” ungkapnya.

Selain kunjungan ke KJRI, rombongan juga menghadiri International Conference on Education for All yang diselenggarakan oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (LPTK PTMA) bekerjasama dengan Hongkong University. Dalam agenda bergengsi ini, Dekan FKIP UMM menjadi salah satu speaker.

Kunjungan selanjutnya ditujukan ke Macau Polytechnic University. Macau Polytechnic University adalah universitas negeri terkemuka yang didirikan sejak 1981. Universitas ini mengembangkan pendidikan dan penelitian yang komprehensif lintas disiplin berskala global melalui Kerjasama dengan berbagai negara seeprti China, Portugal, Itali, Perancis, Thailand, Brazil, Inggris, dan Amerika.

Di Wui Chi Building, Wakil Rektor, Dr. Vivian Lei, beserta jajaran yang terdiri dari Acting Dean of Faculty of Languages and Translation, Dean of Faculty of Business, Director of MPU-Bell Centre of English, Acting Head of Academic Affairs Department, dan Administrative Officer Public Relations Office menyambut tim FKIP UMM dengan hangat.

Agenda diawali dengan paparan Wakil Rektor IV UMM yang menjelaskan tentang sepak terjang UMM, khususnya FKIP UMM sebagai slah satu fakultas tertua di UMM, dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi baik dalam skala nasional maupun internasional. Sejalan dengan itu, Dr. Vivian Lei merasa senang menerima kunjungan FKIP UMM karena ini merupakan momentum untuk memperluas kontribusi. “Dalam era globalisasi saat ini, kolaborasi sangat penting dilakukan untuk memperluas ruang kontribusi perguruan tinggi. Kita sudah harus berpikir apa yang bis akita lakukan untuk dunia, bukan lagi untuk bangsa. Dan ini adalah memontum yang sangat baik untuk hal itu,” katanya.

Kedua belah pihak kemudian mendiskusikan berbagai potensi kegiatan akademik dan program pertukaran mahasiswa yang dapat dikolaborasikan. “Dari diskusi itu, kita telah bersepakat untuk bekerjasama pada beberapa hal seperti student mobility, lecture exchange, visiting Professor, dan international collaborative publication,” terang Prof.Dr. Abdulkadir Rahardjanto, Wakil Dekan II FKIP UMM.

Melalui kunjungan ini, diharapkan mahasiswa dan dosen FKIP UMM memiliki pengalaman dan kualifikasi internasional. Selain itu, kegiatan kolaborasi publikasi juga internasional diharapkan akan berdampak signifikan terhadap kualitas publikasi dan kuantitas sitasi, sehingga FKIP UMM lebih direkognisi oleh komunitas ilmiah dunia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post