Fikni Mutiara Rachma

Lahir di Jakarta 28 tahun yang lalu. Lulusan Sastra Arab, Unpad dan Kajian Timteng, UI. Suka membaca novel sejak dini. Sekarang meneruskan profesi di keluarga b...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pendekatan Mimetik
Mengulik Karya Sastra

Pendekatan Mimetik

Bagi penyuka karya sastra atau novel, pembaca sering kali terbawa perasaannya oleh cerita. Tidak jarang pembaca mengikuti emosi tokoh dalam novel tersebut. Setelah menyukai hasil tulisannya, biasanya pembaca menunggu-nunggu karya selanjutnya, bahkan mencaritahu siapa sebenarnya penulis ini.

Jika kita ingin mengulik hasil karya sastra seperti novel atau puisi, banyak metode atau pendekatan yang dapat digunakan, salah satunya adalah pendekatan mimetik. Pendekatan mimetik adalah pendekatan yang mengkaji karya sastra dengan cara memahami hubungan karya sastra dengan realitas atau kenyataan. Kata mimetik berasal dari kata mimesis (bahasa Yunani) yang berarti tiruan. Dalam pendekatan ini karya sastra dianggap sebagai tiruan alam atau kehidupan (Abrams, 1981). Untuk dapat menerapkannya dalam kajian sastra, dibutuhkan data-data yang berhubungan dengan realitas yang ada di luar karya sastra. Biasanya berupa latar belakang atau sumber penciptaan karya sastra yang akan dikaji.

Misal novel tahun 1920-an yang banyak bercerita tentang "kawin" paksa. Maka dibutuhkan sumber dan budaya pada tahun tersebut yang berupa latar belakang sumber penciptaannya. Ada pula novel-novel karya Mira W. yang banyak bercerita tentang kehidupan rumah sakit, karena Mira W. sebagai penulisnya di kehidupan nyata berprofesi sebagi dokter.

Dengan pendekatan mimetik kita dapat mengenal penulis melalui tulisannya. Begitu juga jika kita ingin menjadi penulis, kita bisa menulis dengan latar belakang sisi kehidupan kita sendiri yang mungkin dapat menginspirasi orang lain.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ya ya benar... Karyaku adalah hidupku !

12 Oct
Balas

Semangat nulis, pak :)

12 Oct

Inspiratif Bu. Salam Literasi

12 Oct
Balas

Betul.... Mksh bu

12 Oct
Balas

Hehe sami sami ibu :)

12 Oct

Hehe sami sami ibu :)

12 Oct



search

New Post