Fikni Mutiara Rachma

Lahir di Jakarta 28 tahun yang lalu. Lulusan Sastra Arab, Unpad dan Kajian Timteng, UI. Suka membaca novel sejak dini. Sekarang meneruskan profesi di keluarga b...

Selengkapnya
Navigasi Web
Resensi Novel Tentang Kamu

Resensi Novel Tentang Kamu

Judul Buku : Tentang Kamu

Pengarang : Tere Liye

Penerbit : Republika

Cetakan : cet. 1 Okt 2016

Tebal buku : vi + 524 hal

Harga buku : sekitar 80ribuan (lupa)

Sinopsis:

Cerita dibuka dengan kisah Zaman, seorang Indonesia yang bekerja sebagai pengacara di sebuah firma hukum bereputasi di London. Suatu hari mendapat kasus yang amat spesial dari bosnya. Spesial karena dia baru satu tahun bekerja (junior) dan kasusnya pun amat rumit dengan nilai fantastis bahkan untuk ditangani oleh senior. Tugas utamanya adalah melakukan settlement, menangani warisan seorang klien yang tentu saja bukan orang biasa. Klien ini lah tokoh utama cerita ini, namanya Sri Ningsih.

Novel ini berlatar tempat lebih banyak di Belgrave Square, London, Firma hukum Thompson & Co. - Panti jompo La Cerisaie Masion de Retraite, Paris. Juga beberapa daerah di Indonesia, di antaranya Pulau Bungin, Sumbawa dan Jakarta. Dengan alur maju mundur, di mana Zaman dituntut untuk mengulik masa lalu Sri guna menemukan ahli waris yang sebenarnya.

Sudut pandang yang digunakan yaitu orang ketiga, yang seolah rerba tahu membaca masa lalu. Beberapa tokoh di antaranya Zaman Zulkarnaen, seorang perantau dr Indonesia yang cerdas dan total dalam pekerjaannya. Selanjutnya tokoh utama Sri Ningsih, seorang wanita yang selalu tabah, berani, bersabar, kuat hati sekuat fisiknya, juga cerdas. Sosok yang tidak pernah membenci dan mendendam. Masih banyak lagi tokoh yang merupakan masa lalu dari hidup seorang Sri. Amanat yang dapat diambil dari novel ini di antaranya, bagaimana menjalani rasa sakit dan berani menemukan kebahagiaan; kesabaran itu tidak ada batasnya; jika kita gagal 100 kali maka kita hatus bangkit 101 kali. Masih banyak sekali pelajaran bijak yang dicontohkan tokoh utama ini. Walaupun digambarkan banyak luka dalam ceritanya, tidak sedikit pula kebahagiaan dan semangat cinta di dalamnya.

Bagi penyuka Tere Liye pasti setia menantikan tulisannya terutama novel. Dengan segudang kata-kata bijak dan jalan cerita yang menyayat tapi romantis, menjadi ciri khas beberapa novelnya. Novel Tentang Kamu bisa jadi novel paling tebal di antara yang lainnya. Meski begitu, pembaca seolah diajak menyelami masa lalu Sri dengan amat mengalir, seperti menonton drama yang dibuat penasaran dengan akhir ceritanya. 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Resensi, ibu. Sinopsis yang lebih lengkap karena ada unsur intrinsik dan eksteriksik bukunya

14 Jan
Balas

Ini nama nya sipnosis, ya.. Bu. Dulu waktu sma aku suka buat ini. Tapi dulu itu tak ada wadah yg menampung tulisan kita. kalaupun ada , tapi membuat kita kecewa karena bila tidak sesuai dikembalikan kekita. Sekarang saya tak bisa membuat sinopsis kayak gini lagi. Salam literasi

07 Jan
Balas



search

New Post