Fila Ariyanti

Lulusan D2 PGSD UNS Surakarta,saat ini menjadi salah satu pengajar di kabupaten Cilacap,Jawa Tengah....

Selengkapnya
Navigasi Web
Secangkir Kopi untuk Sahabat
Kopi Ratio D'warko

Secangkir Kopi untuk Sahabat

Menikmati secangkir kopi dan cara menyeduhkannya akan terasa istimewa, bila disajikan untuk seorang sahabat atau orang yang kita sayangi. Bagi penggemar kopi tiada hari tanpa kopi. Menyambut pagi dengan aktifitas rutin belum lengkap tanpa secangkir kopi. Saat banyak pekerjaan menumpuk untuk memberi semangat dan rasa kemepyar segar menyeruput secangkir kopi. Ah...terasa terang dunia.

Hidup itu seperti secangkir kopi, pahit dan manis melebur, bertemu dalam kehangatan demikian filosofi kopi. Menikmati kopi sudah menjadi bagian dari budaya dan hobi masyarakat kita. Internasional Cofee Organization seperti dilansir BBC, Indonesia menduduki peringkat keempat sebagai negara produsen kopi terbesar. Peringkat di atasnya adalah Brasil, Vietnam dan Colombia.

Bagi para pecinta kopi segala sesuatu yang berhubungan dengan kopi, mulai dari temperatur air, komposisi air dan kopi, metode menyeduh hingga di mana biji kopi tersebut ditanam hingga cara menggilingnya akan mempengaruhi rasa dari secangkir kopi.

Mereka yang memiliki hobi mempelajari kopi, biasanya suka bereksplorasi dengan menggunakan metode manual brewing, yaitu metode penyeduhan kopi manual tanpa mesin espresso. Di bawah ini contoh berbagai metode penyeduhan manual brewing yang banyak digemari pecinta kopi.

1. Boiling

Metode ini merupakan salah satu cara klasik yang digunakan utuk menikmati secangkir kopi.Cara menyeduhnya dengan mencampurkan bubuk kopi dan air, kemudian merebusnya menggunakan Turkish Coffe Pot. Tehnik ini menghasilkan kopi yang memiliki ampas.

2. Immersing

Metode menyeduh kopi dengan merendamnya dalam waktu tertentu. Beberapa alat yang digunakan adalah French Press dan Aeropress. Metode ini mengandalkan pengaturan waktu takaran air yang dituang pada bubuk kopi. Prinsipnya adalah kopi dengan air kemudian diamkan beberapa saat, sebelum akhirnya ditekan/press sehingga seluruh air kopi keluar ke cangkir.

3. Pour Ever

Metode penuangan ini merupakan salah satu proses brewing yang cukup sering dijumpai. Beberapa alat brewing yang menggunakan teknik ini adalah Vietnamese Drip, V60, Chemex, Nel Drip dan Cold Drip. Kunci dari metode ini adalah teknik penyaringannya yang mampu membuat kopi mengeluarkan aroma dan rasa yang kuat. Tradisi minum kopi ala Vietnam mereka menambahkan susu kental untuk mengurangi rasa pahit kopi.

4. Pressuring

Teknik pressuring adalah menyemprotkan air bertekanan untuk melewati bubuk kopi. Metode ini biasanya bukan diperuntukkan untuk penikmat kopi pemula, karena pembuatan kopi dengan cara ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang cukup untuk menghasilkan rasa dan aroma yang tepat. Alat yang digunakan pun tidak sesederhana metode sebelumnya, seperti Moka Pot dan Shipon.

Shipon memiliki bentuk menyerupai tabung kaca laboratorium dengan tungku pemanas berbahan bakar spiritus di bagian bawahnya.Air dan bubuk kopi pun tidak langsung berada dalam satu wadah . Bagian bawah adalah wadah untuk air. Air yang dipanaskan perlahan akan mendidih dan menekan naik ke atas. Pada saat air naik itulah, kopi bubuk diletakkan. Setelah air bercampur dengan bubuk kopi, tunggu kurang lebih 30-40 detik. Lalu matikan apinya dan air yang bercampur kopi akan mengalir ke bawah. Kopi yang sedap siap dinikmati. Hemm...harumm...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kopi bikin sensasi. Pilih manual mawon bu!

16 Feb
Balas

Betul, Pak. Tuang air mendidih plus kopi hitam. Special Pak Tanto penggemar kopi. Tetap sehat dan semangat, Pak.

16 Feb

Wah kopi ternyata banyak cara penyeduhannya. Saya baru tahu ibu, kebetulan aku tidak terlalu maniak kopi. Hanya sesekali saja ibu. Terus menginspirasi. Tulisan yang sarat akan istilah baru dalam dunia perkopian. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat ibu Fila.

16 Feb
Balas

Berteman dengan penggemar kopi, Pak. Meski hanya sering membuatkan dan menikmati aromanya.Mkash,Pak Mulya sudah singgah. Sehat dan bahagia, Pak Mulya...

16 Feb

Wah, jadi penasaran perihal metode penyeduhan yang berbeda. Ah jadi penasaran. Biasanya konsep tradisional sistem seduh. He..he..

16 Feb

Hmmm...Uthi ndak suka kopi. Tapi, suka filosofinya, pahit dan manis melebur jadi satu. Jazakillah khoir, Bunda Fila. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

16 Feb
Balas

Pilih susu kambing etawa, Bun untuk menguatkan kedua kaki kita. Kopinya buat sahabat yang lain saja ya,Bun. Mksh Bunda sudah singgah di lapak kecil saya. Tetap sehat tetap menyemangati saya, Bun...

16 Feb

Aku pun tak suka kopi, tapi mencium aromanya aku suka. Tulisan luar biasa terangkai indah tentang secangkir kopi yang menurut sebagian orang, kopi mampu membuat fresh. Revisi, kata di mana pahit dan manis. Kata di mana nya dihilangkan saja. Sukses selalu dan barakallah

16 Feb
Balas

Oke, Bu siap dibetulkan. Untuk Bu Pipi jus duren ditambah garang asem puedass poll. Mksh, Bu sudah mampir di lapak kecil ini. Tetap sehat, tetap semangat selalu menginspirasi dan memberi motivasi pemula ini, Bu...

16 Feb

Kopinya mantap Bu Fila....Aromanya terasa sampai sini..hi...hi...Barakallah sahabatku...Sehat dan bahagia selalu..

16 Feb
Balas

Ngambon-amboni kopine ya, Bu. Untuk Bu Rini jamu kunir asem bae hi...hi... Tetap sehat tetap memberi inspirasi dan motivasi saya, Bu Mksh, sudah mampir di lapak kecil saya...

16 Feb

Waduh ..mengko nek diwei kunir asem dadi seneng suegerrr...

16 Feb

Ben tambah singset hi... hi...tuing tuing...

16 Feb

Jam segini masih buka ya. Kopi. Bagi yang berpantang salah satu alasannya adalah karena dapat meningkatkan tekanan darah. Namun ternyata penelitian mengkonfirmasi bahwa peningkatan tersebut bersifat temporer bukan permanen. Bahkan secara umum justeru kopi baik untuk kesehatan.

16 Feb
Balas

Suka membuatkan kopi, Pak. Ndak pernah minum. Mksh,Pak sudah singgah. Sehat dan sukses Pak Noto...

17 Feb

Saya suka aroma kopi walau gak pernah coba minumnya. Informatif tulisannya Bunda. Salam kenal salam literasi

16 Feb
Balas

Benar, Bu Suka aromanya fresh dan rileks. Salam kenal juga, Bu Fera.Sehat semangat, Bu... Mksh ibu berkenan singgah di lapak kecil saya...

16 Feb

apalagi cuaca dingin wenaak kali minum kopi... di kampung saya Kab.Kerinci. prov.Jambi kopi sudah banyak yg ditanam dan dipanen: arabica,manak,ciari dll. good lucky for us

17 Feb
Balas

Wah, aroma bunga kopinya menebar kemana-mana. Banyak jenis kopinya ya, Pak. Sehat dan semangat, Pak. Mksh sudah berkunjung...

17 Feb



search

New Post