Firda Rahma Fajriana

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pemanfaatan Aplikasi Paint untuk Mengembangkan Keterampilan Visual Peserta Didik Kelas 2

Pemanfaatan Aplikasi Paint untuk Mengembangkan Keterampilan Visual Peserta Didik Kelas 2

Best Practice

Pemanfaatan Aplikasi Paint untuk Mengembangkan Keterampilan Visual Peserta Didik Kelas 2 SD Al Muslim di Era Digital

Oleh: Firda Rahma Fajriana, S.Pd

A. Tahap perencanaan

Di era digital yang semakin berkembang, keterampilan teknologi dan kreativitas visual menjadi bagian penting dalam pendidikan dasar, termasuk bagi siswa di tingkat Sekolah Dasar. Di SD Al Muslim, kelas 2 merupakan tahap yang krusial untuk membentuk fondasi keterampilan dasar dalam seni dan teknologi. Meskipun siswa pada usia ini umumnya sudah terbiasa dengan perangkat digital, banyak dari mereka yang belum sepenuhnya memahami cara mengintegrasikan teknologi dalam kegiatan kreatif. Aplikasi Paint, sebagai salah satu alat pengolah gambar yang sederhana dan mudah diakses, memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar menggambar dan mewarnai secara digital, sekaligus memperkenalkan mereka pada dunia seni grafis. Dengan memperkenalkan aplikasi ini, siswa dapat belajar mengenali berbagai fungsi alat gambar di komputer dan mengembangkan keterampilan visual dasar yang akan sangat berguna di masa depan.

Pemanfaatan aplikasi Paint bertujuan untuk mengembangkan keterampilan visual peserta didik kelas 2 SD Al Muslim melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif. Tujuan utama dari penggunaan aplikasi ini adalah agar siswa dapat mengenal berbagai alat dasar yang ada di Paint, seperti pensil, kuas, penghapus, serta fitur warna dan bentuk, yang semuanya akan memperkaya keterampilan menggambar dan kreativitas mereka. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi digital, siswa dapat lebih mudah berkreasi dan bereksperimen dengan gambar-gambar sederhana, mengasah kemampuan visual dan estetika mereka. Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa tidak hanya menguasai keterampilan teknis dalam menggunakan perangkat digital, tetapi juga dapat mengekspresikan ide dan imajinasi mereka dengan lebih bebas dan kreatif dalam lingkungan yang mendukung pengembangan keterampilan abad 21.

Sebagai studi proyek, hasil pembelelajaran dapat berupa karya visual siswa. Kegiatan tersebut diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kompetensi. 3.2 Mengenal program pengolahan gambar. Pada kegiatan ini siswa diajarkan mengenal aplikasi paint yang ada di komputer.

No

Tahapan Kegiatan

Waktu

1

Pengenalan terhadap aplikasi pengolah gambar paint

14 Oktoberr 2024

2

Penyampaian materi dengan pendekatan menyenangkan

21 Oktober 2024

3

Latihan menggunakan aplikasi paint

28 Oktober 2024

4

Penyampaian panduan menggambar ayam dan telur ayam pada aplikasi paint

4 November 2024

5

Pembuatan gambar ayam dan telur ayam oleh peserta didik di aplikasi paint

11 November 2024

B. Pelaksanaan

Kegiatan ini diawasi oleh guru kelas pada saat mata pelaran TIK. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang telah direncanakan. Mendorong kreativitas visual siswa dengan aplikasi paint pantun dapat menjadi langkah efektif untuk meningkatkan kemampuan kreativitas visual siswa kelas V SD Al Muslim Tambun. Langkah-langkah penerapan best practice ini dapat diuraikan sebagai berikut. Pertama, mengenalkan siswa pada program pengolah gambar aplikasi paint melalui metode ceramah dengan bantuan power point. Kedua, memberikan pemahaman tentang manfaat tools aplikasi paint sehingga siswa memahami fitur apa saja yang dapat digunakan saat membuat gambar menggunakan aplikasi paint. Ketiga, ada sesi untuk merangsang kreativitas siswa menggunakan aplikasi paint di komputer. Pada titik ini mendorong mereka untuk menggali fitur-fitur yang menonjol pada aplikasi paint. Keempat, memberikan panduan praktis tentang bagaimana cara membuat gambar ayam dan telur ayam pada aplikasi paint di komputer. Kelima, peserta didik diarahkan untuk menggambar ayam dan telur ayam di aplikasi paint sesuai dengan kreativitas masing masing. Dengan demikian, langkah-langkah tersebut dapat menjadi landasan yang kuat untuk menumbuhkan kreativitas visual peserta didik kelas 2 SD Al Muslim Tambun di Aplikasi Paint.

A. Hasil visual

Karya visual ayam dan telur ayam didokumentasikan oleh guru lalu di di unggah pada link google drive pengumpulan tugas. Dokumen yang diunggah berupa gambar karya visual peserta didik. Berikut ini dokumentasi “Pemanfaatan Aplikasi Paint untuk Mengembangkan Keterampilan Visual Peserta Didik Kelas 2 SD Al Muslim di Era Digital

Hasil Kreativitas Visual Menggambar Ayam dan Telur Ayam di Aplikasi Paint Kelas 2 Maryam

https://drive.google.com/drive/folders/1iCcAPDdxqPdfDZ-D72dWDKGs-VIa-FqV?usp=drive_link

D. Tindak Lanjut

Untuk meningkatkan kreativitas menggambar visual di aplikasi paint peserta didik kelas 2 SD Al Muslim Tambun, guru memberikan saran sebagai berikut sebagai apresiasi terhadap pembelajaran peserta didik: 1. Mendorong siswa untuk mengeksplorasi lebih lanjut fitur-fitur yang ada pada aplikasi paint di era digital. 2. Memfasilitasi peserta didik dengan menginstall aplikasi pengolah gambar yang dapat mendorong peserta didik untuk menggambar dengan fitur yang tersedia dan imajinatif peserta didik. 3. Menyelenggarakan lomba karya visual siswa kelas rendah untuk meningkatkan motivasi dan imajinasi siswa terhadap kreativitas visualnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post